comscore

PPKM Turun Level, Kegiatan Sektor Ekonomi DIY Diperlonggar

Ahmad Mustaqim - 22 Maret 2022 19:39 WIB
PPKM Turun Level, Kegiatan Sektor Ekonomi DIY Diperlonggar
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Yogyakarta: Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) turun level dari 4 ke 3. Melalui Surat Instruksi Gubernur DIY bernomor 11/INSTR/2022, berbagai kegiatan hampir semua dilonggarkan termasuk sektor perekonomian.

Di dalam surat instruksi tersebut, pusat perbelanjaan seperti supermarket, hypermarket, pasar tradisional, pasar swalayan, hingga toko kelontong boleh beraktivitas hingga pukul 21.00 WIB dengan kapasitas pengunjung 60 persen.
"Untuk supermarket dan hypermarket wajib menggunakan aplikasi peduli lindungi. Hanya yang kategori hijau dalam aplikasi itu yang diizinkan masuk," kata Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, dalam surat instruksi, Selasa, 22 Maret 2022.

Baca: Pelaku UMKM Serbu OP Minyak Goreng Curah di Bandung

Selain itu pasar rakyat yang menjual kebutuhan non pokok juga boleh menerima pengunjung hingga kapasitas 60 persen. Batas jam operasional sampai pukul 20.00 WIB.

Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen, pangkas rambut, pedagang asongan, laundry, pangkas rambut, bengkel kecil, hingga tempat cuci kendaraan boleh beroperasi dengan protokol kesehatan ketat hingga pukul 21.00 WIB.

Sementara tempat makan seperti warteg, angkringan, dan lapak jajanan juga diberlakukan kebijakan serupa. Restoran maupun kafe yang berlokasi di area terbuka atau berada di mal pun berlaku hal yang sama.

"Pelaksanaan makan/minum di tempat dibatasi maksimal 60 menit. Satu meja maksimal (diisi) dua orang," jelasnya.

Adapun bioskop juga diizinkan beroperasi dengan kapasitas 50 persen serta menerapkan aplikasi peduli lindungi. Pengunjung anak di bawah usia 12 hingga 6 tahun wajib didampingi orang tua serta telah vaksin minimal dosis pertama.

"Pelaksanaan kegiatan konstruksi infrastruktur diizinkan 100 persen dan konstruksi non infrastruktur 50 persen dari total kapasitas," ujarnya.

Selain itu pula, sejumlah poin lain dalam surat instruksi itu hampir sama dengan kebijakan sebelumnya. Tempat ibadah boleh dibuka dengan kapasitas 50 persen hingga penguatan testing, tracing, dan vaksinasi.

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id