ABK Asing di Pantai Barat Aceh Aman dari Covid-19

    Antara - 22 Maret 2020 12:55 WIB
    ABK Asing di Pantai Barat Aceh Aman dari Covid-19
    Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada sejumlah tenaga kerja asing (TKA). (Foto: ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)
    Meulaboh: Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, memastikan seluruh anak buah kapal (ABK) warga negara asing yang melakukan pengiriman barang dari luar negeri ke Kabupaten Aceh Jaya dan Aceh Barat, aman dari virus korona.

    “Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan yang kita lakukan, semua anak buah kapal (ABK) warga negara asing termasuk dari Tiongkok, tidak terpapar virus korona. Semuanya aman,” kata Koordinator KKP Meulaboh, Samsul Bahri, melansir Antara, Minggu, 22 Maret 2020.

    Baca juga: Suspect Covid-19 di Aceh tak Punya Gejala Terjangkit Korona

    Menurutnya, para ABK kapal yang ikut mengirim barang ke wilayah pantai barat Aceh tidak turun ke dermaga kapal atau ke daratan, saat proses pemindahan barang. Mereka tetap berada di dalam kapal dan tidak diizinkan untuk turun.

    Bahkan saat tiba di negara asal masing-masing, kata Samsul Bahri, para anak buah kapal (ABK) juga tidak ikut turun ke dermaga dan tetap menunggu proses bongkar muat barang di dalam kapal.

    “Jadi, sangat kecil kemungkinan para ABK ini terserang virus korona, karena memang mereka tidak turun ke dermaga atau daratan saat proses bongkar muat barang dilakukan,” jelas dia.

    Meski pun demikian, Kantor Kesehatan Pelabuhan Meulaboh tetap melakukan pemeriksaan kesehatan kepada setiap anak buah kapal (ABK) yang datang ke wilayah kerjanya. Untuk memastikan kondisi mereka sehat dan bugar.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id