Kudus Pesimistis Bisa Zona Hijau Covid-19

    Antara - 28 Juli 2020 19:41 WIB
    Kudus Pesimistis Bisa Zona Hijau Covid-19
    Ilustrasi. Medcom.id
    Kudus: Pemerintah Kabupaten Kudus mengaku pesimistis bisa zona hijau atau wilayah tanpa covid-19 pada Agustus 2020. Lantaran masih ditemukan kasus positif virus korona.

    "Sebelumnya, kami memang menargetkan bisa kembali ke zona hijau lagi pada Agustus 2020, namun dengan penelusuran kontak, masih dimungkinkan akan ada penambahan kasus lagi,"  kata Pelaksana tugas Bupati Kudus M. Hartopo, di Kudus, Jawa Tengah, Selasa, 28 Juli 2020, melansir Antara.

    Dia mengungkap, temuan kasus covid-19 lantaran pihaknya telah memiliki laboratorium Biomolekuler untuk mendeteksi ada tidaknya virus korona. Sehingga setiap saat bisa diketahui hasil seseorang terkonfirmasi positif atau negatif covid-19.

    Dia menerangkan, penelusuran kontak langsung dilakukan ketika diketahui ada warga yang reaktif covid-19. Selanjutkan dilakukan tes usap, untuk warga yang reaktif.

    "Kudus kembali ditetapkan sebagai zona merah terhitung mulai 19 Juli 2020," ujarnya. 

    Baca:Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan di Jabar Dimulai Pekan Ini

    Dia mengaku, saat ini zona kasus covid-19 di Kudus mengarah ke hitam. Dia meminta masyarakat untuk menaati protokol kesehatan.

    "Dengan selalu memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak fisik serta menghindari kerumunan," ujarnya.

    Beberapa pekan terakhir, angka temuan kasus mencapai puluhan setiap hari. Bahkan pada Kamis, 23 Juli 2020, kasus baru bertambah 77, sebanyak 64 kasus di antaranya dari dalam wilayah.

    "Kami mencatat sudah 2.500 warga yang dilakukan pelacakan. Mayoritas merupakan kontak erat pasien positif serta masyarakat yang dites cepat secara acak di titik keramaian," ujarnya.

    Berdasarkan laman https://covid19.go.id/, tampak Kabupaten Kudus dalam peta termasuk zona merah bersama kabupaten tetangga, seperti Jepara, Demak, Grobogan, dan Rembang.

    Sementara data yang tersaji di laman https://corona.kuduskab.go.id/ per 27 Juli 2020, jumlah kasus terkonfirmasi positif sebanyak 744 kasus, sebanyak 575 kasus di antaranya dari dalam wilayah dan sebanyak 169 kasus dari luar wilayah.

    Dari jumlah total kasus sebanyak 744 kasus, yang masih menjalani perawatan sebanyak 113 orang. Sedangkan isolasi mandiri sebanyak 208 orang.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id