Khofifah Minta Bupati/Wali Kota Maksimalkan APBD untuk UMKM

    Amaluddin - 28 Juli 2020 21:52 WIB
    Khofifah Minta Bupati/Wali Kota Maksimalkan APBD untuk UMKM
    ilustrasi Medcom.id
    Surabaya: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meminta  seluruh bupati/wali kota memaksimalkan penyerapan anggaran untuk pemulihan ekonomi di tengah pandemi covid-19. Khususnya pada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

    "Kita harus bisa memaksimalkan realisasi anggaran pada situasi sekarang ini, utamanya untuk mendorong sektor UMKM di lingkungan kabupaten/kota dimana bupati/walikota menjadi komandannya. Tapi gas dan rem harus benar-benar diatur agar kedua upaya ini bisa berjalan beriringan," kata Khofifah, di Surabaya, Selasa, 28 Juli 2020.

    Baca: Layanan Operasi RSUD Prof dr Soekandar Mojokerto Ditutup

    Khofifah menjelaskan ada banyak sektor UMKM yang diyakini mampu memulihkan ekonomi Jatim. Di antaranya sektor pertanian, peternakan, dan perikanan.

    Untuk itu Khofifah meminta kepada bupati/walikota se-Jatim memaksimalkan realisasi APBD, guna mendorong UMKM agar bisa kembali survive dan dapat menggerakkan roda ekonomi di tengah krisis  ekonomi.

    "Kepada para bupati/walikota kami minta supaya bisa terbangun sinergitas. Apalagi, sesuai arahan Bapak Presiden harus diperhatikan kapan gas dan rem dijalankan," jelas Khofifah.

    Meski demikian Khofifah mengingatkan pemulihan ekonomi harus beriringan dengan pengendalian penanganan covid-19 di daerah masing-masing. Menurutnya keseimbangan antara pengendalian covid-19 dan pemulihan harus beriringan.

    "Artinya apa, perlindungan kesehatan masyarakat tetap diprioritaskan, sementara pergerakan ekonomi juga sudah harus digerakkan," kata Khofifah.

    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id