77 Lapak Pedagang di Aceh Singkil Tergerus Abrasi

    Fajri Fatmawati - 26 Mei 2020 22:44 WIB
    77 Lapak Pedagang di Aceh Singkil Tergerus Abrasi
    77 unit pondok pedagang di wilayah pesisir pantai Kabupaten Aceh Singkil terdampak abrasi pantai. Foto: Istimewa.
    Aceh Singkil: Sebanyak 77 unit lapak pedagang di wilayah pesisir pantai Kabupaten Aceh Singkil tergerus abrasi pantai. Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Provinsi Aceh, menyatakan abrasi pantai terjadi akibat hujan deras dan gelombang pasang air laut dalam beberapa hari terakhir.

    "Karena derasnya hujan dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan abrasi pantai di kecamatan Singkil Utara sehingga rusaknya pantai dan pondok para pedagang," kata Kepala Pelaksana BPBA Aceh, Sunawardi, di Banda Aceh, Selasa, 26 Mei 2020.

    Abrasi pantai terjadi Desa Gosong Telaga Selatan, Kecamatan Singkil Utara; Desa Pulau Balai, Pulau Ujung Batu, dan Teluk Nining, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh.
    "Di Kecamatan Pulau Banyak,  di jalan lingkar Desa Pulau Balai sebanyak tiga titik jalan tidak dapat dilalui kendaraan. Kemudian satu unit balai nelayan rusak dan dua unit rumah warga rusak berat," ujarnya.

    Selian itu, di Pulau Ujung Batu juga terjadi abrasi di jalan lingkar yang mengakibatkan kerusakan jalan di dua titik akses darat dari Pulau Balai ke desa Teluk Nibung. Jalan sementara tidak dapat dilalui kendaraan.

    “Tidak ada korban jiwa dalam bencana itu. Namun, korban terdampak di kecamatan Singkil Utara sekitar 77 pedagang," jelas Sunawardi.

    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil telah membuat tanggul penahan ombak laut sementara dari karung yang diisi pasir. BPBD masih mendata jumlah pengungsi.

    “Hingga saat ini kondisi gelombang air pasang laut masih terjadi," jelasnya.


    (WHS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id