Pasien Positif Covid-19 Pulang Kampung dari Jatim ke Yogyakarta

    Ahmad Mustaqim - 29 Juni 2020 18:50 WIB
    Pasien Positif Covid-19 Pulang Kampung dari Jatim ke Yogyakarta
    Ilustrasi. Medcom.id
    Yogyakarta: Seorang pasien positif covid-19 nekat pulang kampung halamannya di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pasien laki-laki 20 tahun itu pulang dari Surabaya, Jawa Timur, 

    Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Gunungkidul, Sumitro mengatakan pasien tersebut terjangkit covid-19 di Jawa Timur. Ia mengungkapkan, pasien bertatus orang tanpa gejala (OTG).

    “Orangnya (terlihat) sehat, tidak sempat kontak dengan keluarganya,” kata Sumitro dihubungi, Senin, 29 Juni 2020.

    Sumitro tak menjelaskan moda transportasi apa yang digunakan si pasien pulang dari Jawa Timur ke Gunungkidul. Namun, ia mengatakan, sesampainya di Gunungkidul, laki-laki tersebut meminta dirawat di RSUD Wonosari.

    “Pasien ini menghubungi pihak puskesmas untuk dijemput ke RSUD Wonosari. Sudah positif (covid-19) sejak dari Jawa Timur,” kata dia.

    Tambahan kasus itu mengakhiri zero positif covid-19 selama dua pekan terakhir. Total ada 51 kasus positif covid-19 di Gunungkidul, dengan rincian 47 sembuh, satu meninggal, dan tiga masih dirawat.

    Menurut dia, Pemkab Gunungkidul telah menggandeng Pemerintah Desa untuk memantau perkembangun kasus. Pemantauan itu dilakukan memanfaatkan sistem informasi desa dan akan ditindaklanjuti petugas kesehatan dari Puskesmas hingga rumah sakit.

    “Sudah ada empat kecamatan yang kini berstatus zona hijau, yakni Gedangsari, Tepus, Rongkop, dan Girisubo. Untuk kecamatan berstatus zona orange, ada Kecamatan Wonosari, Karangmojo, dan Playen. Sisanya berstatus zona kuning,” kata dia.
     



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id