Makassar Siapkan RS Khusus Ibu Hamil Terindikasi Covid-19

    Muhammad Syawaluddin - 27 Juni 2020 09:40 WIB
    Makassar Siapkan RS Khusus Ibu Hamil Terindikasi Covid-19
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Makassar: Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, menetapkan Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Ibu dan Anak Pertiwi menjadi faskes rujukan khusus ibu hamil terindikasi covid-19.

    "Kita sudah tetapkan RSIA Pertiwi jadi rumah sakit khusus untuk ibu-ibu hamil yang positif covid-19," katanya, di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, 26 Juni 2020.

    Mantan Bupati Bantaeng itu mengatakan penyediaan rumah sakit khusus ibu hamil agar penanganannya optimal. Ia tak ingin hal buruk terjadi pada ibu-ibu yang tengah mengandung.

    "Saya kira tidak usah khawatir tentang penyediaan rumah sakit khusus untuk ibu hamil yang positif covid-19. Kita akan memberikan penanganan yang maksimal," ujarnya.

    Selain itu, Pemprov Sulsel juga berencana menunjuk RSKD Ibu dan Anak Siti Fatimah untuk turut menangani ibu hamil yang terinfeksi covid-19.

    Baca juga: Jabar Terapkan AKB Kecuali Bogor, Depok, dan Bekasi

    "Kita juga kaji beberapa rumah sakit lagi. Rumah sakit Fatimah sedang kita siapkan juga. Tetapi kita berharap RSKD Pertiwi sudah cukup," tutup Nurdin.

    Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Ichsan Mustari, menambahkan, untuk mendukung rumah sakit, pihaknya akan menambah tenaga kesehatan.

    "Kita akan tambah tenaga perawat dan dokter, tapi untuk jumlahnya masih akan kita lihat kemungkinannya seperti apa," imbuh dia.

    Penambahan tenaga kesehatan menurut Ichsan dilakukan karena mekanisme penanganan ibu hamil akan bertambah. Tentunya tindakan perawatan akan berbeda dari sebelumnya.

    "Perawatnya akan kita tambah, karena akan diatur sif jaganya. Begitupun untuk tenaga dokternya," jelas dia.




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id