Ketersediaan APD di Kota Solo Menipis

    Triawati Prihatsari - 10 April 2020 15:42 WIB
    Ketersediaan APD di Kota Solo Menipis
    Ilustrasi: Medcom.id
    Solo: Tenaga medis di Kota Solo mulai kehabisan alat pelindung diri (APD) dan masker medis. Persediaan dua barang itu mulai menipis selama menangani pandemi covid-10 (korona). 

    "Kami mendorong bantuan dua batang itu. Persediaannya mulai menipis setelah sebulan ini digunakan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih yang lebih akrab disapa Ning tersebut, di Solo, Jumat, 10 April 2020.

    Seperti diketahui, APD dan masker medis merupakan kebutuhan pokok bagi tenaga medis untuk menangani pasien covid-19. Seluruh fasilitas kesehatan di Kota Solo mulai kehabisan APD dan masker medis.

    Menurut Ning, idealnya untuk menangani seorang pasien covid-19, dibutuhkan 25 APD dalam satu hari dan masker N95 untuk satu tenaga medis di ruang isolasi.

    "Butuh masker bedah juga. Kebutuhannya sangat tinggi. Setiap petugas medis di level satu dan dua butuh masker bedah,” paparnya.

    Diakui Ning, untuk mencari kedua barang tersebut mulai sulit di pasaran. Harganya melambung tinggi di pasaran. Pemkot Solo tengah berusaha  melakukan pengadaan APD dan masker medis untuk tenaga medis yang bertugas. 

    Sementara itu, Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani membeberkan, pihaknya terkendala anggaran membeli dua jenis barang tersebut. Untuk sementara Pemkot mengandalkan bantuan APD dan masker medis dari masyarakat. 

    "APD didistribusikan untuk petugas medis rumah sakit, Puskemas dan Posko covid-19 di Graha Wisata Niaga serta Dalem Joyokusuman. Namun setidaknya saat ini terdapat sejumlah lembaga maupun perseorangan yang membantu," tuturnya.

    Tercatat Pemkot Solo baru saja menerima bantuan dari Balai Latihan Kerja Solo sejumlah 500 APD, Gibran Rakabuming Raka sejumlah 1.200 APD, serta Kadin Solo yang juga menyerahkan bantuan APD dan hand sanitizer senilai Rp50 juta. 




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id