Pengurus Partai Kedapatan Daftar Calon PPK di Semarang

    Mustholih - 06 Februari 2020 15:34 WIB
    Pengurus Partai Kedapatan Daftar Calon PPK di Semarang
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Semarang: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang, Jawa Tengah, menemukan indikasi oknum pengurus partai turut mendaftar sebagai calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kota Semarang. Bawaslu mengeluarkan rekomendasi kepada KPU setempat untuk mencoret nama pendaftar dari calon anggota PPK.

    "Berdasarkan hasil pengawasan, yang bersangkutan diduga kuat pengurus partai politik. Nama yang bersangkutan tercantum dalam SK pengurus salah satu partai politik pada 2018," kata Komisioner Bawaslu Kota Semarang, Nining Susanti, Kamis, 6 Februari 2020.

    Kendati indikasi tersebut diminta ditindaklanjuti KPU, pihaknya enggan membuka identitas oknum dimaksud. "Bawaslu berharap agar KPU kota Semarang bisa menindaklanjuti temuan tersebut," ujarnya.

    Selain menemukan satu pengurus partai, Bawaslu Kota Semarang juga menemukan lima pendaftar calon anggota PPK Pilkada Semarang 2020 pernah menjadi tim sukses pada Pemilu 2019.

    "Bahkan sejumlah pendaftar lainnya pernah mendapatkan surat peringatan keras baik dari KPU maupun Bawaslu Kota Semarang pada pemilu sebelumnya," jelas Nining.

    Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom akan mengklarifikasi calon anggota PPK yang dipermasalahkan Bawaslu itu pada sesi wawancara. Tahapan rekrutmen calon PPK itu akan digelar KPU Kota Semarang pada Sabtu dan Minggu, 8-9 Februari 2020.

    "Nanti kita tindaklanjuti langsung. Kita klarifikasi di sana seperti apa. Ini bukan masalah sebenarnya, karena memang seleksi belum selesai," kata Henry.

    Apabila yang bersangkutan dinyatakan terbukti sebagai pengurus partai, Henry menyatakan bakal mendepaknya dari calon anggota PPK.

    "Dia langsung dinyatakan tidak memenuhi syarat," jelas Henry.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id