Pasar Beringharjo Terapkan Prokes Ketat Jelang Libur Panjang

    Media Indonesia.com - 26 Oktober 2020 10:05 WIB
    Pasar Beringharjo Terapkan Prokes Ketat Jelang Libur Panjang
    Suasana Pasar Beringharjo Yogyakarta sebelum terjadi pandemi covid-19. Ada pemandu yang memudahkan warga berbelanja. (Foto: MI/Ardi Teristi)
    Yogyakarta: Pasar Beringharjo di Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memastikan menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19 secara ketat mengantisipasi klaster penularan virus korona saat libur panjang akhir pekan.

    Kepala Bidang Pengembangan Penataan dan Pendapatan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta, Gunawan Nugroho Utomo, mengatakan saat libur panjang dimungkinkan akan terjadi kenaikan jumlah pengunjung termasuk mereka yang datang dari luar DIY.

    "Kami memastikan alur dan arah berjalan konsumen agar tidak saling berpapasan, pengunjung yang datang ke Pasar Beringharjo Yogyakarta juga akan ditempel stiker saat masuk," ujar Gunawan, Senin, 26 Oktober 2020.

    Menurut dia stiker akan diberikan kepada pengunjung setelah melewati pengecekan suhu dan hasilnya menunjukkan suhu tubuh normal atau tidak sedang demam. Pengecekan suhu tubuh dilakukan di pintu masuk.

    Kemudian, penempelan stiker tidak hanya dilakukan untuk konsumen di Pasar Beringharjo tetapi juga untuk konsumen di Pasar Kranggan yang berada di sebelah barat Tugu Pal Putih Kota Yogyakarta. Pasar Kranggan biasanya menjadi sasaran wisatawan domestik yang berkunjung ke Yogyakarta. 

    Baca juga: Ketua IDI Kalimantan Barat Positif Covid-19

    Penempelan stiker tidak hanya bagi mereka yang berbelanja namun juga kepada pemasok barang. Bahkan para supplier tetap dikenai ketentuan membawa surat kesehatan dari daerah asal.

    "Kebijakan ini masih terus berjalan sampai sekarang," lanjutnya.

    Gunawan juga mengungkapkan akan dilakukan penambahan personel keamanan di Pasar Beringharjo yang didatangkan dari pasar tradisional lain. Sebab saat ini hanya ada sembilan personel keamanan tiap sif di Pasar Beringharjo.

    Dinas Perindustrian dan dan Perdagangan juga akan mengusulkan ke Satpol PP Kota Yogyakarta untuk meminta tambahan personel Satpol PP maupun linmas untuk diperbantukan di pasar tradisional.

    "Jika memungkinkan akan kami usulkan untuk meminta tambahan personel dari Satpol PP karena memang jumlah personel keamanan di pasar terbatas," jelasnya. (Agus Utantoro)

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id