Okupansi Penginapan di Yogyakarta Hampir Penuh

    Ahmad Mustaqim - 30 Oktober 2020 19:10 WIB
    Okupansi Penginapan di Yogyakarta Hampir Penuh
    Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)


    Yogyakarta: Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyatakan hampir semua penginapan berbagai kelas terisi penuh. Bahkan, ada wisatawan yang harus menginap di penginapan di luar Kota Yogyakarta

    "Laporan yang masuk hari ini, semua hotel, baik melati maupun berbintang, guest house sudah full. Totalnya 95 persen kamar terisi," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Jumat, 30 Oktober 2020


    Heroe mengungkapkan, belum ada laporan lengkap berapa jumlah wisatawan yang masuk ke Kota Gudeg. Ia memperkirakan, penginapan di Kota Yogyakarta akan penuh pada Minggu, 31 Oktober 2020.

    "Jumlah penginapannya 625, termasuk hotel berbintang, melati, dan guest house," lanjutnya.

    Ia menekankan pengelola penginapan dan wisatawan agar menaati protokol kesehatan. Pihaknya akan mengontrol penerapan protokol pencegahan covid-19 secara acak.

    Baca juga: Pemkot Bekasi Diminta Bantu Rehabilitasi Situs Rawa Gede

    "Sudah kita monitoring semalam di Malioboro. Meskipun memang kondisinya padat (wisatawan), sudah diiringi penerapan protokol kesehatan," ungkap dia.

    Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, memperkirakan, ada sebanyak 30 ribu wisatawan yang masuk ke wilayahnya selama libur panjang akhir Oktober. Menurut dia, jumlah perkiraan kunjungan itu dinilai logis berdasarkan kunjungan tiap libur akhir pekan.

    "Kunjungan wisatawan tiap akhir pekan berkisar 5-10 ribu wisatawan," tutur Kwintarto.

    Ia pun mengingatkan wisatawan mewaspadai fenomena alam La Nina. Pihaknya sudah memberikan surat edaran kepada pengelola destinasi dan usaha jasa wisata soal antisipasi dampak situasi alam itu, seperti bencana tanah longsor, genangan air, hingga luapan sungai.

    "Kita juga mengingatkan pengelola wisata agar menaati penerapan protokol kesehatan. Setidaknya dengan memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir, dan tak berkerumun," jelasnya.


    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id