Imigrasi Sulut Permudah Izin Tinggal Investor dan Pekerja Asing

    Mulyadi Pontororing - 07 Februari 2018 13:09 WIB
    Imigrasi Sulut Permudah Izin Tinggal Investor dan Pekerja Asing
    Pemeriksaan terhadap WNA yang berkunjung di Sulawesi Utara. Foto: Medcom.id/Mulyadi Pontororing
    Manado: Direktorat Jenderal Imigrasi mulai melakukan pembenahan aturan guna menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo terkait penyederhanaan proses perizinan. Imigrasi Sulawesi Utara mulai memudahkan dan menyederhanakan izin tinggal bagi investor dan tenaga kerja asing.

    "Namun tidak mengabaikan prinsip prosperity approach (kesejahteraan) dan security approach (keamanan)," kata Kepala Divisi Keimigrasian Sulawesi Utara Dodi Karnida kepada Medcom.id, Rabu 7 Januari 2018, di Manado.

    Penyederhanaan perizinan ini telah disosialisasikan Ditjen Imigrasi ke 33 Kepala Divisi Keimigrasian, 125 Kepala Kantor Imigrasi dan 13 Kepala Rumah Detensi Imigrasi seluruh Indonesia.

    "Ini semacam uji publik karena pada kesempatan tersebut dilakukan dialog dan juga diskusi guna penyempurnaan regulasi tersebut, yang diharapkan dapat diterbitkan pada beberapa hari mendatang," beber Dodi.

    Sebagai perpanjangan tangan Kantor Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, jajarannya siap melaksanakan kebijakan tersebut. Salah satunya di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandar Udara Sam Ratulangi yang merupakan  pintu masuk para investor, tenaga kerja dan wisatawan asing.

    Hingga Selasa, 6 Februari 2018, pemegang Izin Tinggal Kunjungan (ITK) 180 hari tercatat sebanyak 199 orang, Izin Tinggal Sementara (ITAS) satu tahun sebanyak 764 orang, dan Izin Tinggal Tetap (ITAP) sebanyak 116 orang. Mayoritas pemegang izin berkerwarganegaraan Tiongkok.

    Khusus untuk tahun 2018, pihak Keimigrasian Sukut telah menerbitkan ITK untuk 170 orang, dan ITAS untuk 130 orang.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id