Angin Kencang Melanda Kota Batu

    Daviq Umar Al Faruq - 02 Oktober 2019 18:37 WIB
    Angin Kencang Melanda Kota Batu
    Bencana angin kencang di Kota Batu, Jawa Timur, Rabu 2 Oktober 2019. (BPBD Kota Batu)
    Batu: Bencana angin kencang melanda kawasan Kota Batu, Jawa Timur, Rabu, 2 Oktober 2019. Berdasarkan catatan BPBD Kota Batu, bencana angin kencang ini melanda di tiga lokasi dalam sehari.

    Pertama, bencana angin kencang melanda MI Miftahul Ulum Kota Batu sekitar pukul 08.30 WIB. Angin kencang itu mengakibatkan atap kanopi milik sekolah melayang dan menimpa atap rumah warga.

    Akibatnya, atap rumah milik Kastriah, warga di sekitar MI Miftahul Ulum dengan panjang 7 meter dan lebar 4 meter rusak. Upaya perbaikan rumah pun langsung dilakukan oleh pihak sekolah.

    Kedua, angin kencang terjadi di Jalan Drs Moh Hatta, Desa Pendem, Junrejo, Kota Batu pukul 13.15 WIB. Di lokasi tersebut, pohon akarsia dengan diameter 20 centimeter dan tinggi 12 meter tumbang ke jalan raya.

    Akibatnya, arus lalu lintas di kawasan tersebut sempat ditutup untuk sementara waktu. Setelah dilakukan pemotongan dan pembersihan sisa-sisa pohon tumbang, arus lalu lintas kemudian dibuka kembali.

    Ketiga, bencana angin kencang melanda Jalan Wukir, Desa Torongrejo, Junrejo, Kota Batu pukul 13.30 WIB. Akibatnya, pohon dengan diameter 100 centimeter dan tinggi 20 meter tumbang hingga menutup sebagian jalan.

    Pohon yang tumbang tersebut juga mengakibatkan plengsengan ambrol dengan dimensi 2 meter dan tinggi 1,5 meter. Upaya pemotongan dan pembersihan sisa-sisa pohon tumbang pun langsung dilakukan.

    Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim mengimbau kepada masyarakat untuk tetal waspada dan berhati-hati bila sedang beraktivitas atau berkendara di jalan raya.

    "Diimbau juga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman kerusakan material bangunan seperti genting, banner, baliho dan lainnya yang berpotensi jatuh atau roboh," katanya.

    Rochim menambahkan masyarakat diimbau untuk tidak parkir kendaraan di bawah pohon atau baliho. Selain itu masyarakat juga diminta untuk tidak beraktivitas pembakaran di kawasan hutan dan pembakaran sampah secara sembarangan.

    "Masyarakat kami minta melaporkan jika mengetahui ancaman atau potensi bahaya dan mengetahui kejadian darurat ke Posko Penanggulangan Bencana BPBD Kota Batu," ungkapnya.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id