3.000 Peserta Ramaikan Gowes Nusantara 2019 Tarakan

    Medcom - 25 Agustus 2019 15:04 WIB
    3.000 Peserta Ramaikan Gowes Nusantara 2019 Tarakan
    Peserta meramaikan Gowes Nusantara 2019 di Tarakan, Kalimantan Utara, Minggu, 25 Agustus 2019. Foto: Dok.Kemenpora.
    Tarakan: Sebanyak 3.000 pesepeda mengikuti ajang Gowes Nusantara 2019 di Tarakan, Kalimantan Utara. Hujan deras tak menyurutkan pesepada mengikuti kegiatan itu.

    Peserta telah berkumpul sejak pukul 06.00 WITA di Stadion Dato Adil, Tarakan, yang merupakan garis mula kegiatan yang merupakan program Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora itu. Kegiatan ini juga diikuti staf ahli Kemenpora Jonni Mardizal, Wali Kota Tarakan Khairul, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Tarakan Suparlan.

    Mereka melahap satu dari dua jarak yang ditawarkan dalam lomba itu. Etape Tarakan Smart City menawarkan dua jarak tempuh berbeda, yakni tiga kilometer dan 13 kilometer.

    "Alhamdulillah tiga minggu tidak hujan, hari ini kita gowes diberikan keberkahan hujan, untuk itu kita bersyukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Penunjukkan Tarakan sebagai penyelenggara Gowes Nusantara 2019 ini cukup ketat, karena dari 514 kabupaten kota di seluruh Indonesia, Tarakan satu dari 40 kota yang terpilih," kata Jonni di Tarakan, Minggu, 25 Agustus 2019.

    Awalnya, terdapat 150 kabupaten dan kota yang terdaftar mengikuti kegiatan ini. Kementerian Pemuda dan Olahrga kembali menyaring ratusan kota itu. 

    "Berkat kegigihan pemerintah kota akhirnya ditunjuk lagi Tarakan untuk kali ketiga menjadi tuan rumah. Itu menunjukkan kepedulian Pemerintah Kota Tarakan terhadap olahraga patut diapresiasi," kata staf ahli bidang ekonomi kreatif Kemenpora itu. 

    Kadispora Tarakan Suparlan menjelaskan penentuan dua etape dalam lomba itu untuk memberikan pilihan bagi peserta. Karena, peserta Gowes Nusantara 2019 Tarakan terbuka untuk umum dari anak-anak hingga dewasa.

    "Kita punya dua jarak tempuh. Pertama berjarak tiga kilometer yang diperuntukkan untuk anak-anak dan pemula atau sepeda onthel dan sepeda custom. Kemudian rute kedua sepanjang 13 kilometer mengitari Kota Tarakan," ujar Suparlan.

    Rute yang ditentukan pun menonjolkan berbagai kearifan lokal di Tarakan. Rute itu melewati sejumlah lokasi wisata seperti Taman Berkampung, Taman Berlabuh, konservasi hutan bakau dan bekantan.

    "Kita juga melewati Bandara Internasional Juwata kebanggaan Kota Tarakan, start dan finis di Stadion Dato Adil," terangnya.

    Wali Kota Tarakan Khairul pun menyambut baik keputusan Kemenpora kembali mempercayakan daerahnya menggelar Gowes Nusantara 2019. 

    "Gowes Nusantara 2019 ini selain memberikan manfaat kesehatan, juga menjalin persatuan dan kesatuan kita bisa bersama-sama untuk melaksanakan kegiatan ini beramai-ramai," tutur Khairul.

    Khairul berharap kegiatan ini bisa membangkitkan semangat olahraga kepada masyarakat Tarakan. Usai melahap etape Tarakan Smart City, para pegowes mendapatkan hiburan musik dan tari tradisional di garis finis.




    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id