33 Titik Jalan Nasional di Jatim Rawan Bencana

    Amaluddin - 20 Desember 2019 14:35 WIB
    33 Titik Jalan Nasional di Jatim Rawan Bencana
    Pekerja melakukan perbaikan jalan raya Pantai Utara (Pantura) di Kecamatan Arjasa, Situbondo, Jawa Timur, Selasa (28/5/2019). ANTARA FOTO/Seno



    Surabaya: Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII mengimbau pengguna jalan waspadai terhadap 33 titik ruas jalan nasional di Jawa Timur. Puluhan ruas jalan itu rawan bencana longsor dan banjir.

    "Kami imbau para pengguna jalan agar lebih waspada karena ada 33 titik ruas jalan nasional rawan terjadi bencana, mulai longsor hingga banjir," kata Kepala BBPJN VIII, Achmad Subki, saat dikonfirmasi, Jumat, 20 Desember 2019.






    Subki mengatakan puluhan titik ruas jalan nasional itu tersebar di enam daerah, yakni Kabupaten Pacitan, Trenggalek, Ngawi, Lumajang, Situbondo, dan Banyuwangi. Dari 33 titik itu sebanyak 12 titik ruas jalan nasional rawan terjadi bencana longsor khususnya di ruas jalan Lintas Selatan Jatim, dan 21 titik lainnya rawan banjir di ruas jalan Pantura.

    "Kami sudah siapkan dengan mendirikan 10 posko untuk antisipasi longsor. Petugas di posko itu akan bergerak cepat menangani dengan peralatan DRU (disaster relief unit) jika terjadi longsor," jelas Subki.

    Begitu juga dengan ruas jalan rawan banjir, Subki mengaku sudah menyiapkan pompa untuk menyedot air. Banjir itu biasa terjadi di ruas jalan di Kabupaten Pasuruan, Sidoarjo, Kota Surabaya, Babat, Lamongan, dan delapan titik di ruas Pantura Pulau Madura.

    "Banjirnya juga tidak terlalu lama, karena sudah ada mitigasi normalisasi saluran. Tapi kami ingatkan pengguna jalan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tetap waspada, khususnya saat hujan," pungkas Subki.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id