Tebing Longsor, Tutup Jalur Antardesa di Trenggalek

    Clicks.id - 15 September 2021 11:33 WIB
    Tebing Longsor, Tutup Jalur Antardesa di Trenggalek
    Material longsor menutup jalan utama Trenggalek (Foto: Istimewa)



    Trenggalek: Bukit setinggi kurang lebih 50 meter di wilayah Desa Depok, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, longsor, Selasa 14 September 2021. 

    Akibatnya, material tanah liat setinggi empat meter menutup bahu jalan dan bahkan sebagian longsoran juga masuk ke dapur salah satu rumah warga.

     



    Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa ini. Meski begitu, akses jalan utama dari Desa Depok menuju Desa Dawuhan, Kecamatan Trenggalek, masih tertutup total. 

    "Akses jalan masih tertutup. Hari ini mulai pukul 09.00 WIB akan dimulai proses evakuasi," ujar Kapolsek Bendungan AKP Bambang Purwanto, Rabu, 15 September 2021.

    Informasi yang dihimpun, longsor terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Trenggalek mulai pukul 14.30 WIB, Selasa sora. Sekitar dua jam kemudian, tanah bukit di sekitar lokasi mulai berguguran. 

    Baca juga: Kerugian Akibat Banjir di Lebak Capai Rp4,8 Miliar

    Dua orang warga yang sedang membuka jalur parit, sempat melihat proses longsor. Awalnya, hanya guguran kecil. Namun karena material yang berjatuhan semakin banyak, kedua warga tersebut langsung menyelamatkan diri meninggalkan lokasi.

    Tidak berselang lama, material dalam jumlah besar menutup seluruh badan jalan. "Material tidak sampai merusak rumah. Tapi masuk dapur salah satu rumah warga setempat," kata Bambang.

    Pada bahu jalan yang menghubungkan dua kecamatan. Panjang tumpukan material sekitar empat meter dengan luas longsoran kira-kira lima belas meter. Karena malam hari ditambah gerimis yang tidak kunjung reda, kata Bambang, evakuasi tidak bisa dilakukan.

    Hasil koordinasi dengan seluruh lembaga terkait, proses evakuasi dilakukan mulai Rabu pagi. Menurut Bambang, evakuasi material longsor dilakukan dengan mendatangkan satu unit alat berat. Lokasi pembuangan material juga sudah ditentukan. Jika pelaksanaan sesuai rencana, evakuasi akan selesai lima jam kemudian.

    "Sesuai estimasi waktu evakuasi akan selesai pada pukul 14.00 WIB. Saat ini jalan belum bisa dilalui," jelasnya.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id