Banjir di Serdang Bedagai Rusak Ribuan Hektare Lahan Tanaman

    Media Indonesia.com - 29 November 2020 15:26 WIB
    Banjir di Serdang Bedagai Rusak Ribuan Hektare Lahan Tanaman
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Medan: Banjir yang melanda Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatra Utara, Minggu dini hari, 29 November 2020, terus meluas ke desa lain.

    Meskipun banjir sempat mulai surut, namun rumah warga yang terendam banjir bertambah mencapai 4.922 unit di sembilan kecamatan. Selain itu, sekitar 2.510.8 hektare lahan pertanian juga terendam banjir. 

    Camat Kecamatan Sei Rampah, Nasaruddin, mengatakan, banjir yang terjadi di wilayahnya ada di lima desa yakni Desa Sei Rampah, Cempedak Lobang, Pematang Ganjang, Sei Rejo, dan Silau Rakyat. Rumah yang terendam banjir sebanyak 3.212 unit.

    "Untuk lahan persawahan yang terendam banjir hingga saat ini kurang lebih seluas 159 hektare. Di antaranya, areal persemaian dengan usia tanam satu hingga 25 hari, diperkirakan yang mengalami kerusakan seluas 62,9 hektare. Kita berharap, banjir segera surut," sebut Nasaruddin, Minggu, 29 November 2020. 

    Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Kantor Disdukcapil Kulon Progo Tetap Akan Dibuka

    Sementara itu, Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah Kabupaten Sergai, Hendri Suharto, menyebutkan, banjir telah merusak lahan dan tanaman pertanian warga pada sembilan kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai. 

    Di antaranya, Kecamatan Sei Rampah sebanyak 3.212 kepala keluarga, luas sawah dan kebun 157,9 hektare, pertanian fuso 62,9 hektare, dan persemaian 14 hektare. 

    "Di Kecamatan Tebing Tinggi, 721 kepala keluarga, luas sawah dan kebun 158 hektare dan Fuso pertanian 60 hektare," lanjut dia.

    Kemudian di Kecamatan Dolok Merawan, sebanyak 39 kepala keluarga, luas sawah dan kebun 80 hektare, Kecamatan Bandar Khalipah sebanyak 160 hektare, dan sawah serta kebun 45 hektare. Lalu di Kecamatan Tanjung Beringin sebanyak 169 kepala keluarga dan sawah serta kebun sebanyak 1.381 hektare. 
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id