Airin Ungkap Penyebab Tangsel Bertahan di Zona Merah Covid-19

    Farhan Dwitama - 03 November 2020 15:24 WIB
    Airin Ungkap Penyebab Tangsel Bertahan di Zona Merah Covid-19
    Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany (kiri) saat Iduladha 1440 Hijirah. (Foto: Medcom.id)
    Tangerang: Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengungkap penyebab wilayahnya bertahan pada status zona merah penyebaran covid-19. 

    Menurut Airin, berdasarkan hasil evaluasi sejumlah rumah sakit, meskipun tingkat kesembuhan pasien virus korona di wilayahnya tinggi, angka kematian pasien masih menjadi perhatian serius semua pihak.

    "Angka kesembuhan kita sebetulnya tinggi, mencapai 85 persen. Nah ini (tingkat kematian) yang menyebabkan kenapa kita selalu (di zona) merah," ujarnya, Selasa, 3 November 2020.

    Pun dengan evaluasi Satgas Covid-19, kata Airin, peningkatan status wilayah salah satunya disumbang oleh pasien positif dengan penyakit penyerta yang meninggal.

    Ia mengaku sempat merasa tenang lantaran pekan lalu tidak ada pasien covid-19 meninggal. Namun kini kasus kematian pasien terkonfirmasi positif virus korona muncul lagi. 

    Baca juga:  Pasuruan dan Sidoarjo Terendam Banjir

    "Setelah saya cek, evaluasi, mereka meninggal karena terlambat masuk rumah sakit. Mereka butuh ventilator, obat, dan lainnya tapi karena sudah terlalu (parah) virusnya apalagi dengan komorbid, mereka meninggal di rumah sakit," beber dia.

    Di sisi lain, lanjut Airin, kasus positif covid-19 di wilayahnya rata-rata berasal dari klaster rumah tangga dan perkantoran. Ia pun berkomitmen terus meningkatkan angka kesembuhan pasien di atas 85 persen dan berupaya menekan tingkat kematian pasien.

    "Saya sudah enggak fokus masalah (zona) oranye atau merah, tapi bagaimana tingkat kesembuhan terus kita bangun, pertahankan, dan lebihkan. Yang sakit dan bergejala segera lapor untuk mengantisipasi keparahan penyakit dan menjadi penyebab kematian," jelasnya.

    Sementara itu berdasarkan data dari laman Covid-19tangerangselatan.go.id menyebutkan 1.843 warga Tangsel positif Covid-19. Perinciannya, sebanyak 1.595 warga dinyatakan sembuh, 165 orang dirawat, dan 83 orang meninggal.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id