4 Ribu Tenaga Kesehatan di Banten Tak Dapat Vaksin

    Hendrik Simorangkir - 04 Januari 2021 23:27 WIB
    4 Ribu Tenaga Kesehatan di Banten Tak Dapat Vaksin
    ilustrasi Medcom.id
    Tangerang: Sebanyak 40 ribu dari 41 ribu tenaga kesehatan Banten telah terdaftar di sistem sumber daya manusia (SDM) kesehatan. Namun dari data yang masuk hanya 36 ribu tenaga kesehatan yang akan mendapatkan vaksin covid-19.

    Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti, mengatakan dari 40 ribu tenaga kesehatan yang terdaftar, sebanyak 4 ribu tak memenuhi syarat karena berstatus comorbit atau mempunyai penyakit penyerta seperti jantung, ginjal, dan lain-lain.

    "4 ribu yang menderita comorbit atau penyakit penyerta. Dengan kata lain mereka yang tak memenuhi syarat. Jadi yang di vaksin hanya 36 ribu," kata Ati saat dikonfirmasi, Senin, 4 Januari 2021.

    Baca: 77.760 Vaksin Hanya Mencukupi 38.880 Orang di Jatim

    Ati menuturkan tenaga kesehatan yang pernah terpapar covid-19 dan berstatus orang tanpa gejala (OTG) juga tak akan mendapatkan vaksinasi. Ati menambahkan secara alami OTG yang sembuh akan membentuk antibodi.

    "Yang kena covid-19 dan OTG enggak dapat vaksinasi. Karena yang kena secara alami membentuk antibodi," jelasnya.

    Ati kembali mengatakan sebelum memberikan vaksin pihaknya akan terlebih dahulu melakukan screening terhadap tenaga kesehatan yang menerimanya. Pemberian vaksin itu akan dilakukan sebanyak dua kali.

    "Akurasi vaksinasi pertama baru mencapai 50 persen. Jadi orang yang sudah disuntik enggak akan langsung membentuk kekebalan, perlu waktu 14 hari. Nanti kalau sudah 14 hari harus disuntik lagi. Dan di Banten belum seluruhnya mendapatkan vaksin masih ada 70 persen dari total 8,1 juta yang belum dapat," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id