Bima Arya Akan Surati 3 Kepala Daerah Atasi Sampah Ciliwung

    Rizky Dewantara - 16 November 2020 07:27 WIB
    Bima Arya Akan Surati 3 Kepala Daerah Atasi Sampah Ciliwung
    Wali Kota Bogor Bima Arya bersama Komunitas Peduli Ciliwung saat melakukan ekspedisi Sungai Ciliwung. (Foto: Istimewa)
    Bogor: Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto segera menyurati kepala daerah Kabupaten Bogor, Kota Depok, dan DKI Jakarta, terkait temuan sampah di sepanjang sungai Ciliwung. Ketiga daerah itu diminta untuk bersinergi mengatasi masalah sampah di sungai Ciliwung.

    "Komunikasi secara tidak langsung sudah kami lakukan kepada kepala daerah. Tapi untuk surat secara resmi akan segera dikirim untuk tiga kepala daerah pada pekan ini, karena ada cukup banyak laporan yang harus kita sampaikan," ujar dia, Senin, 16 November 2020.

    Menurut Bima, semua daerah yang dilintasi sungai Ciliwung akan dikirimi surat. Karena ini pekerjaan rumah (PR) bersama untuk memecahkan masalah sampah pada sungai Ciliwung.

    "Dan kami ingin sampaikan juga kepada Bapak Presiden, Kementerian PUPR, supaya Ciliwung ini diperhatikan betul. Ciliwung urusan bersama, kalau kita serius di hulu tapi di hilirnya tidak itu percuma saja," kata dia.

    Baca juga: Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban Dibuka Kembali

    Bima optimistis bisa mengatasi sampah dan limbah pada sungai Ciliwung. Karena banyak komunitas dan penggiat lingkungan hidup yang membantu masalah ini.

    "Banyak warga juga yang siap membantu. Tinggal dari pemerintahnya mendorong kegiatan tersebut,” ucap Bima.

    Selain itu, imbuh dia, ada hal yang jauh lebih penting yakni membangun infrastruktur untuk membentuk kultur. Kampung-kampung di bantaran sungai Ciliwung akan dibangun industri pengolahan air limbah (IPAL) dan sistem pembuangan sampahnya. Hal ini bertujuan agar warga tidak buang sampah dan buang air sembarangan.

    "Kan tidak mungkin melarang orang buang sampah tapi tempat sampahnya tidak ada, melarang warga buang air tapi IPAL-nya tidak dibangun,” jelasnya. 


    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id