Aktivitas Kesenian di Sumenep Boleh Digelar, Asal...

    Rahmatullah - 13 November 2020 16:30 WIB
    Aktivitas Kesenian di Sumenep Boleh Digelar, Asal...
    Rapat koordinasi antara Pemkab Sumenep dengan perwakilan pelaku seni, Jumat, 13 November 2020. Medcom.id/ Rahmatullah
    Sumenep: Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mengizinkan aktivitas kesenian di tengah pandemi covid-19 kembali digelar dengan sejumlah persyaratan. Kebijakan tersebut bakal diberlakukan mulai pekan depan.

    "Kita kan baru dua hari zona kuning covid-19. Jadi kita harus benar-benar hati-hati. Jangan sampai oranye atau bahkan merah. Maka seniman itu diperbolehkan manggung dengan persyaratan-persyaratan," kata Bupati Kabupaten Sumenep, Busyro Karim, Jumat, 13 November 2020.

    Baca: Pekerja Seni di Sumenep Meronta Kelaparan

    Busyro menjelaskan sejumlah syarat yang harus dipatuhi salah satunya wajib protokol kesehatan, tidak boleh ada panggung, setiap gelaran kesenian harus melalui izin dan batas gelaran hingga pukul 22.00 WIB.

    "Ini harus ada persyaratannya. Kita harus berpikir dengan paradigma yang sekarang, jangan yang dulu-dulu. Kalau syarat itu semua sepakat kalau melanggar bisa dibubarkan," jelasnya.

    Pemerhati kesenian Kabupaten Sumenep, Bambang Hudawi, menyatakan tidak sepenuhnya setuju dengan kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah Daerah. Ada poin yang dinilai memberatkan pelaku seni ialah batasan jam.

    "Kita akan rapatkan lagi dengan pelaku seni seperti ludruk dan orkes, karena dengan batasan jam itu sama saja mereka tidak boleh manggung," ungkap Bambang.

    Ia menilai batas maksimal aktivitas hiburan tidak adil. Sehingga pihaknya merasa keberatan dan akan terus melakukan upaya agar tidak ada batasan dimaksud. "Ini hasilnya tidak sesuai dengan harapan kita jadi apapun nanti kita akan melakukan upaya-upaya. Entah itu turun jalan lagi," ujar Bambang.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id