Aparat Datangi Lokasi Pembakaran Pesawat MAF

    Roylinus Ratumakin - 08 Januari 2021 14:26 WIB
    Aparat Datangi Lokasi Pembakaran Pesawat MAF
    Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ahmad Muthofa Kamal. Foto: Roylinus Ratumakin
    Jayapura: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Muthofa Kamal, mengatakan, aparat saat ini sedang menuju ke lokasi pembakaran pesawat milik perusahaan MAF jenis Twin Otter PK-MAX di Bandara Pagamba, Kabupaten Intan Jaya.

    “Polres Nabire telah melakukan koordinasi dengan Polres Intan Jaya untuk menuju ke lokasi kejadian. TKP sangat jauh karena hanya bisa ditempuh melalui jalur udara,” kata Kamal, Jumat, 8 Januari 2021.

    Pelaku pembakaran terhadap pesawat milik MAF diidentifikasi sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah tersebut.

    Kamal membeberkan, pada 6 Januari 2021, pukul 09.00 WIT, pesawat MAF PK-MAX yang dipiloti warga negara Amerika Serikat, Alex Luferchek, berangkat dari Bandara Nabire dengan membawa dua penumpang sipil tujuan Pagamba (Bandara perintis milik MAF) di Distrik Biandoga, Kabupaten Intan Jaya.

    Baca juga: Vaksin Covid-19 Pertama di Papua Diwakili 10 Relawan

    “Pada pukul 09.30 WIT, Pilot Alex Luferchek melaporkan via radio ke kantor MAF bahwa pesawat telah mendarat di Bandara Pagamba dengan baik. Selanjutnya pilot disuruh turun dari pesawat kemudian datang seseorang (diduga Kelompok Kriminal Bersenjata) yang berada di sekitar tempat pesawat berhenti serta membawa senjata dan mengeluarkan tembakan ke udara sambil menyuruh pilot untuk merunduk,” urai Kamal.

    Atas kejadian itu, kata Kamal, pilot diamankan oleh para pendeta dan masyarakat ke Kampung Tekai perbatasan antara Kampung Bugalaga dan Kampung Pagamba, Distrik Mbiandoga, Kabupaten Intan Jaya. Kemudian pesawat tersebut dibakar oleh Kelompok Kriminal Bersenjata.

    “Pembakaran pesawat MAF kemudian terdeteksi oleh Basarnas Pusat dan menyampaikan kepada yayasan MAF di Nabire untuk mengecek pesawat PK-MAX yang di piloti oleh Capten Pilot Alex Luferchek,” jelasnya.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id