comscore

Waspada! Cuaca Buruk Ancam Perairan Kalimantan Selatan

Antara - 29 Juni 2022 14:38 WIB
Waspada! Cuaca Buruk Ancam Perairan Kalimantan Selatan
ilustrasi/Medcom.id
Kalsel: Cuaca buruk terus melanda wilayah perairan Kalimantan Selatan sejak beberapa waktu terakhir. Kapal-kapal nelayan diperingatkan untuk waspada kondisi badai dan gelombang tinggi. Gelombang tinggi diprediksi mencapai 2,5 meter terjadi perairan selatan Kalimantan atau perbatasan laut Jawa.

"Sejak beberapa waktu terakhir cuaca buruk melanda perairan Kalsel. Berdasarkan data BMKG, kita meminta para nelayan untuk waspada gelombang tinggi ini. Peringatan juga ditujukan buat kapal tongkang dan kapal ferry," ungkap Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kalsel, Rusdi Hartono, Rabu, 29 Juni 2022.
Rusdi mengatakan kondisi cuaca buruk ini berpengaruh pada hasil tangkap nelayan dan harga ikan, karena banyak nelayan tidak melaut. Selain cuaca buruk berupa gelombang tinggi, beberapa wilayah di Kalsel seperti Muara Barito dan Kotabaru juga mengalami rob atau gelombang pasang.

Pada bagian lain, upaya pencarian 5 orang anak buah kapal (ABK) korban kapal LCT Anugerah Indah yang tenggelam di perairan Tanah Laut, hampir sepekan lalu juga terkendala akibat cuaca buruk.

"Hingga hari ini pencarian korban masih nihil, ada 4 SRU yang kita gerakkan hari ini," tutur Kasi SAR Badan SAR Nasional Banjarmasin, Amri Zuna Kurniawan.
 
Baca: BMKG Imbau Warga Pesisir NTT Waspada Gelombang Tinggi

Kondisi cuaca buruk di wilayah perairan menyebabkan upaya pencarian korban oleh tim SAR gabungan ini menjadi sulit. Seperti diberitakan sebelumnya, peristiwa tenggelamnya kapal LCT Anugerah Indah yang mengangkut alat berat jenis exavator tersebut terjadi, Kamis, 23 Juni 2022.

Malam di lokasi sekitar lima mil dari Desa Sanipah, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut. Kapal yang berlayar dari pelabuhan Muara Banjar, Kalsel tujuan Samarinda, Kalimantan Timur ini membawa 11 ABK.

Sejauh ini baru enam orang yang telah ditemukan, empat di antaranya selamat. Diperkirakan masih ada lima orang ABK yang terjebak di dalam kapal LCT Anugerah Indah dan ikut tenggelam.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id