comscore

Warga Kudus Diajak Memerangi Narkoba Lewat Kampung Tangguh

Antara - 29 Mei 2022 17:49 WIB
Warga Kudus Diajak Memerangi Narkoba Lewat Kampung Tangguh
ilustrasi Medcom.id
Kudus: Kepolisian Resor Kudus, Jawa Tengah, mengajak warga daerah setempat untuk ikut memerangi peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba). Salah satu dukungan yang dilakukan adalah membentuk kampung tangguh bersih narkoba.

"Untuk saat ini, di Kabupaten Kudus baru satu desa yang ditetapkan sebagai kampung tangguh bersih narkoba (Bersinar), yakni Desa Jepang Pakis, Kecamatan Jati," kata Kasatresnarkoba Polres Kudus, Iptu Yosua Farin Setiawan, di Kudus, Minggu, 29 Mei 2022.
Baca: Napi Karkotika Tewas di dalam Lapas Kelas 1 Surabaya

Dia menjelaskan pembentukan kampung tangguh bersih narkoba (Bersinar) lainnya membutuhkan dukungan semua elemen masyarakat karena persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembentukan kampung tangguh bersinar cukup banyak.

Salah satunya, menurut Farin tentunya di desa setempat tidak ditemukan adanya kasus peredaran narkoba, sebagai bentuk dukungan masyarakatnya memerangi narkoba.

Jumlah desa/kelurahan di Kabupaten Kudus sebanyak 132 desa/kelurahan yang tersebar di sembilan kecamatan. Desa Jepang Pakis sendiri ditetapkan sebagai kampung tangguh bersinar pada bulan Oktober 2021.

"Pemerintah desa setempat, memiliki komitmen tinggi untuk ikut memerangi narkoba agar generasi bangsa betul-betul bisa aman dan bebas narkoba," jelasnya.

Adanya penetapan kampung bersinar, sejumlah pemudanya juga dilibatkan sebagai relawan untuk ikut menyosialisasikan bahayanya narkoba.

Pasalnya, untuk memerangi narkoba tidak bisa hanya diserahkan kepada pemerintah dan instansi terkait saja, melainkan menjadi tugas bersama mulai dari lingkungan terkecil dan desa karena narkoba merupakan kejahatan luar biasa.

Kasus yang diungkap oleh Polres Kudus selama periode Januari-Maret 2022 saja ada delapan kasus penyalahgunaan narkoba dengan jumlah tersangka yang diamankan sebanyak delapan orang. Sehingga untuk menekan kasus tersebut membutuhkan dukungan semua pihak agar Kudus nantinya juga bebas dari peredaran narkoba.

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id