comscore

Erick Thohir: Saya Wakafkan Diri untuk NKRI dan Pancasila

Deny Irwanto - 02 Januari 2022 20:20 WIB
Erick Thohir: Saya Wakafkan Diri untuk NKRI dan Pancasila
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Diponegoro, Surabaya, Minggu, 2 Januari 2022. Dokumentasi/ istimewa
Surabaya: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, bertekad menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Erick mengatakan dengan keberagaman suku, agama, dan ras merupakan pegangan hidup yang terus jadi pedoman dalam kehidupan berbangsa yakni Pancasila.

"Saya mewakafkan diri saya untuk NKRI dan Pancasila. NKRI dan Pancasila bukan hanya slogan tapi juga harus dari hati," kata Erick saat diskusi lintas agama di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Diponegoro, Surabaya, Minggu, 2 Januari 2022.

 



Baca: 27.047 Jiwa Terdampak Banjir di Aceh Timur

Erick menjelaskan nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar timbul sikap saling menghargai dan toleransi.

Erick menuturkan masyarakat bisa menanamkan nilai Pancasila untuk memperkuat keberagaman dalam hubungan persaudaraan. Hal tersebut merupakan modal utama untuk memajukan Bangsa Indonesia.

Dia mengatakan Indonesia diberikan anugerah ragam budaya dan etnik hingga masyarakat bisa belajar perbedaan dan dijadikan kekuatan dengan gotong royong.

"Kita harus membangun, gotong-royong perbedaan menjadi kekuatan kita menjadi sebuah bangsa. Allah SWT memberikan kita banyak perbedaan dan ribuan pulaunya," jelas Erick.

Erick meminta seluruh rakyat Indonesia dapat menjaga kerukunan antar umat beragama, salah satu caranya melalui hidup damai tanpa saling memicu perpecahan meski dalam perbedaan.

Menurutnya dengan terawatnya kerukunan, maka secara otomatis akan turut mengikis kesenjangan mengingat selama ini masih ada dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Yang namanya kesenjangan yang memicu perpecahan kita. Karena suku ratusan banyak, bahasa banyak, pulaunya 17 ribu. Kesenjangan harus kita tekan, kerukunan kita jaga, persatuan kita," ujar Erick.

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id