comscore

Penembak Direkrut Khusus Bunuh Petani di Aceh Besar

Fajri Fatmawati - 20 Juni 2022 15:36 WIB
Penembak Direkrut Khusus Bunuh Petani di Aceh Besar
Konferensi pers, Polda Aceh menangkap eksekutor penembakan 2 petani Aceh Besar. Foto: Medcom.id/Fajri Fatmawati
Banda Aceh: Polda Aceh mengungkap pelaku eksekutor penembakan dua petani di Aceh Besar merupakan karyawan dari aktor intelektual kasus tersebut. Pelaku direkrut khusus untuk melakukan eksekusi terhadap korban.

"Pelaku eksekutor merupakan salah seorang karyawan dari otak pelaku," kata Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy, Senin, 20 Juni 2022. 
Winardy menerangkan bayaran yang dijanjikan kepada eksekutor senilai Rp10 Juta. Eksekutor juga dijanjikan pekerjaan.

Winardy mengatakan bayaran eksekusi yang dijanjikan berubah-ubah. Hingga saat ini, uang yang diwarkakan otak pelaku belum sampai ke tangan eksekutor.

"Hanya sebatas janji apabila eksekusi berhasil dan tidak tertangkap maka pelaku utama akan memberikan sejumlah uang yang sudah dijanjikan," ucap Winardy.

Baca: Eksekutor Penembakan 2 Petani di Aceh Dijanjikan Bayaran Rp10 Juta

Winardy menyampaikan setelah pemeriksaan selesai, pihaknya akan mengirimkan berkas ke Kejaksaan. Sedangkan untuk lima berkas pelaku sudah dilengkapi dan dalam waktu dekat akan dikirimkan ke jaksa penuntut umum untuk dilakukan persidangan. 

"Kita juga akan terus menyelidiki terkait orang-orang yang menyembunyikan para tersangka, akan diberkas khusus dan akan diumumkan pada waktu dekat termasuk tersangka eksekutor," jelasnya.

Pelaku disangkakan pasal 340 tentang Pembunuhan Berencana. Ancaman hukuman seumur hidup dan hukuman mati. 

Sebelumnya, Dua warga Kabupaten Aceh Besar, Banda Aceh, tewas ditembak orang tak dikenal. Korban adalah Maimun, 38, dan Ridwan, 38.

Keduanya meninggal dunia dalam perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Arifin (RSUDZA) Banda Aceh. Jenazah korban telah diserahkan ke pihak keluarga setelah dilakukan visum.

Keduanya terkena tembakan senjata api diduga jenis laras panjang. Peristiwa itu bermula saat korban pulang dari kebun menuju rumahnya dengan mengendarai sepeda motor. Di pertengahan jalan, tiba-tiba korban ditembak hingga terjatuh di area persawahan Desa Aneuk Glee, Kecamatan Indrapuri, pada Kamis, 12 Mei 2022 malam.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id