Setelah 'Disentil' Presiden, Sidoarjo Bagikan 10 Ribu Masker

    Syaikhul Hadi - 28 Juni 2020 18:01 WIB
    Setelah 'Disentil' Presiden, Sidoarjo Bagikan 10 Ribu Masker
    Pembagian masker di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Jatim. Medcom.id/Syaikhul Hadi
    Sidoarjo: Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sidoarjo membagi-bagikan 10 ribu masker di Terminal Purabaya (Bungurasih), Sidoarjo, Jawa Timur. Bagi-bagi masker kembali digencarkan setelah Presiden Joko Widodo menyinggung perihal minimnya penggunaan masker di Surabaya Raya, Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. 

    Kapolresta Sidoarjo, Kombes Sumardji, mengungkapkan pembagian masker yang dilakukan secara serentak di Jawa Timur, berkaitan dengan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-74. Selain itu untuk mendisiplinkan warga saat new normal. 

    "Bertepatan dengan itu, kami ingin mendisiplinkan lagi masyarakat terkait penggunaan masker," ujar Sumardji, pada Minggu, 28 Juni 2020. 

    Sedikitnya, sekitar 10 ribuan masker dibagi-bagikan di Sidoarjo. Salah satunya di Terminal Purabaya. Sumardji mengaku, bagi-bagi masker pun terkait dengan instruksi Presiden Jokowi soal minimnya kesadaran masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan.

    "Ya, salah satu di antaranya itu. Mengevaluasi pelaksanaan menuju new normal. Kita ini kan masa transisi," tambahnya. 

    Baca: Gugus Tugas: Pasar Paling Rawan Penularan Covid-19

    Sementara itu, Pelaksana Tugas Bupati Sidoarjo, Nur Achmad Syaifuddin, mengungkapkan angka sebaran covid-19 di Sidoarjo masih tinggi meski tengah transisi new normal. Sehingga harus diimbangi dengan protokol kesehatan. 

    "Kami ingin menyadarkan masyarakat bahwa transisi new normal tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak diikuti protokol kesehatan," tegasnya.

    Pada masa transisi dari PSBB ke new normal, lanjutnya, semua warga diperbolehkan menjalankan aktifitas. Namun, tetap memperhatikan protokol kesehatan.

    "Kenyataanya masyarakat euforia, dipikirnya setelah masa PSBB sudah tidak ada lagi (covid-19). Kita berikan kebebasan, tapi harus tetap memperhatikan protokol kesehatan. Selama vaksin belum kita dapatkan, maka disiplin itu cara terbaik," jelasnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id