Penyelundupan 119 Kg Sabu Asal Malaysia ke Aceh Digagalkan

    Fajri Fatmawati - 25 Juni 2020 21:55 WIB
    Penyelundupan 119 Kg Sabu Asal Malaysia ke Aceh Digagalkan
    ilustrasi Medcom.id
    Banda Aceh: Sabu seberat 119 kilogram asal Malaysia berupaya diselundupkan tiga anak buah kapal (ABK) KM Teupin Jaya. Namun upaya penyelundupan tersebut bisa digagalkan petugas Bea-Cukai di Bayeun, Aceh Timur, Aceh.

    Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwil Bea-Cukai Aceh, Isnu Irwantoro, mengatakan awalnya penangkapan tersebut dari informasi petugas Bea-Cukai terkait kapal kayu dari Malaysia yang diduga membawa sabu ke Aceh.

    "Mereka ditangkap di perairan Aceh, persisnya di Bayeun, Aceh Timur. Di dalam kapal kita temukan 119 kilogram sabu yang dibungkus dengan bungkusan teh," kata Isnu, Kamis, 25 Juni 2020.

    Mendapat informasi tersebut, satuan tugas (satgas) kapal patroli Bea-Cukai BC 20002 menggelar patroli laut ke perairan Aceh dan melakukan penyelidikan.

    "Tiga ABK telah kami amankan, beserta barang bukti sabu seberat 119 kilogram itu ditemukan saat penggeledahan kapal pada Minggu malam, 21 Juni 2020, sekitar jam 23.00 WIB," jelasnya.

    Sementara Kapal beserta barang bukti selanjutnya dibawa ke kantor Bea-Cukai Kuala Langsa. Anggota satgas kapal patroli dari Kanwil Bea-Cukai Kepri langsung berkoordinasi dengan Kanwil Bea-Cukai Aceh dan Bea-Cukai kantor pusat guna penyelidikan lebih lanjut.

    "Barang bukti sabu 119 kilogram sudah diserahkan ke Bareskrim Polri. Dan kasus ini sudah sampai pada tahap pengembangan jaringan pengendali yang juga daftar pencarian orang (DPO) kepolisian sejak 2014," ungkap Isnu.

    Penangkapan kapal penyelundupan narkoba tersebut merupakan hasil kerja sama Bea-Cukai dengan Bareskrim Polri. Sinergi kedua instansi tersebut merupakan langkah strategis pemberantasan perdagangan gelap narkoba ke wilayah Indonesia.

    "Langkat ini agar menghasilkan dampak yang maksimal kepada jaringan narkoba," ujarnya.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id