Guru Olahraga SMPN 1 Turi Ditahan

    Ahmad Mustaqim - 23 Februari 2020 12:23 WIB
    Guru Olahraga SMPN 1 Turi Ditahan
    Salah satu titik lokasi pencarian siswa SMPN 1 Turi yang hanyut di Sungai Sempor. Foto: Ist Attachments area
    Sleman: Polda Daerah Istimewa Yogyakarta menahan guru SMPN 1 Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berinisial IYA. Guru bidang olahraga itu diduga bertanggung jawab atas kegiatan pramuka dengan materi susur sungai yang merenggut nyawa 10 siswa.

    "Tadi malam dilakukan penahanan terhadap tersangka karena melakukan kelalaian sehingga menimbulkan korban jiwa," kata Wakil Kapolda DIY, Brigadir Jenderal Karyoto, di Sleman, Minggu, 23 Februari 2020. 

    Karyoto mengatakan kegiatan pramuka yang diadakan sekolah seharusnya mempertimbangkan risiko di lapangan.  Sebagai pembina pramuka, lanjutnya, terdapat materi berupa latihan dasar kepemimpinan, tentang SAR, serta pertolongan pertama.  

    "Kalau masuk sungai bahayanya apa. Cuacanya bagaimana. Kemarin (kejadian pada Jumat, 21 Februari 2020) di atas (Gunung Merapi) mendung, di bawah tidak terlalu cerah. Jarak (Kecamatan) Turi dengan Merapi segaris, tentunya saat di sana hujan mengalirnya ke bawah," ujarnya. 

    Baca: Siswa SMPN 1 Turi Sempat Meminta Tak Susur Sungai

    Dia menegaskan, berada di daerah berisiko harus menyiapkan antisipasi. Sementara para siswa mengaku tak ada antisipatif sebelum susur sungai. 

    Karyoto menerangkan saat kejadian sekitar 250 siswa sebagian besar selamat. Namun, 10 siswa meninggal karena terseret arus.

    "Korbannya kebanyakan adik-adik kita yang wanita. Kemampuan (pembina) dalam merespon saat bahaya, kita bisa lihat yang kini terjadi," ungkapnya. 

    Karyoto mengaku belum bisa memastikan jumlah tersangka bakal bertambah. Pihaknya masih mendalami aktivitas pramuka yang digelar SMPN 1 Turi. 

    Tersangka dijerat Pasal 350 dan 359 KUHP, tentang kelalaian yang menyebabkan orang meninggal dan terluka. Ancaman pidananya lima tahun penjara.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id