Menteri Koperasi dan UKM Minta Pemda Mendata Pelaku Usaha Terdampak Covid-19

    Ahmad Mustaqim - 06 Agustus 2020 12:20 WIB
    Menteri Koperasi dan UKM Minta Pemda Mendata Pelaku Usaha Terdampak Covid-19
    Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki (kiri) dan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
    Yogyakarta: Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki, meminta pemerintah daerah membantu menyerahkan data pelaku usaha mikro dan kecil menengah (UMKM). Data diperlukan untuk kebutuhan pendistribusian bantuan kepada pelaku usaha terdampak pandemi covid-19.

    "Satu kabupaten di Jawa minimal 20 ribu (pelaku usaha) bisa kami distribusikan (bantuan)," kata Teten di Kompleks Kantor Gubernur Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis, 6 Agustus 2020. 

    Dia menyebut, ada 2,4 juta pelaku usaha mikro dan masih proses pendataan. Menurut dia, banyak pelaku usaha yang butuh bantuan namun belum masuk pendataan. 

    "Kami minta (pemerintah daerah) mendata pedagang asongan hingga kaki lima yang tidak terdaftar. Ada juga asongan di pasar belum terdaftar. Kami butuh hitungan. Mudah mudahan bisa tercover semua," terang dia. 

    Baca: Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Bakal Disuntik 2 kali

    Teten mengatakan, sektor dunia usaha terdampak covid-19 di hampir semua aspek. Mulai pembiayaan, produksi, hingga pemasaran. Ia mengungkapkan, penurunan omzet pedagang pakaian di Pasar Beringharjo Yogyakarta berkisar 70 hingga 80 persen. 

    "Kondisi sulit, prioritas belanja kebutuhan pokok. Di sisi lain, pertanian tumbuh. Kita bisa cari di daerah, sektor apa yang bisa kita segera fokus untuk meningkatkan  ekonomi," katanya. 

    Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengatakan, jajarannya masih melakukan pendataan pelaku usaha. Ia belum bisa memastikan berapa pelaku usaha layak diajukan dapat bantuan. 

    "Harapan saya bisa mendata yang 2,4 juta tadi seperti Kasongan (sentra industri gerabah di Bantul) yang terdaftar," kata dia. 

    (LDS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id