Ribuan warga OKU Dapat Bantuan Sosial Tunai

    ant - 07 September 2020 13:39 WIB
    Ribuan warga OKU Dapat Bantuan Sosial Tunai
    Ilustrasi/MI/ Ramdani
    Baturaja: Sebanyak 6.000 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatra Selatan mendapat bantuan sosial tunai dari pemerintah daerah setempat guna membantu perekonomian di tengah pandemi covid-19.

    Kepala Dinas Sosial Ogan Komering Ulu (OKU) Syaiful Kamal di Baturaja, Senin mengatakan bantuan sosial tunai tahap II dan III itu disalurkan melalui Bank Sumsel Babel Baturaja.

    "Dari total 20 ribu KPM yang terdata, baru enam ribu di antaranya yang sudah dicairkan karena datanya sudah lengkap, sedangkan sisanya disalurkan secara bertahap," kata dia.

    Menurut dia, dana bantuan sosial tunai bersumber dari APBD Kabupaten OKU tahun anggaran 2020 tersebut disalurkan guna membantu masyarakat di wilayah itu yang secara tidak langsung terdampak pandemi covid-19.

    "Bantuan sosial ini sebelumnya disalurkan berupa sembako senilai Rp200 ribu," katanya.

    Namun pada tahap II dan III ini bantuan tersebut diganti dengan uang tunai sebesar Rp200 ribu/bulan yang langsung ditransfer ke rekening Bank Sumsel Babel.

    "Jadi, pada pencairan tahap II dan III ini setiap KPM menerima dana sebesar Rp400.000 untuk pembayaran periode Mei-Juni 2020," ungkapnya.

    Ia mengakui, proses pencairan tahap II dan III ini sedikit terlambat karena data KPM yang terdata sebelumnya harus diverifikasi dan validasi ulang sebelum dana dicairkan.

    "Seperti mencantumkan nama ibu kandung, penyesuaian tempat dan tanggal lahir termasuk pembuatan rekening Bank Sumsel Babel yang membutuhkan proses waktu cukup lama," jelasnya.

    (ALB)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id