Tawur Agung Jelang Nyepi di Prambanan Tetap Digelar

    Triawati Prihatsari - 20 Maret 2020 16:58 WIB
    Tawur Agung Jelang Nyepi di Prambanan Tetap Digelar
    Prosesi Tawur Agung perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941. Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko
    Klaten: Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Klaten memastikan kegiatan Tawur Agung pada 24 Maret 2020 tetap akan dilaksanakan. Rencananya Tawur Aging dilaksanakan di Pelataran Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. 

    Ketua PHDI Klaten, I Gusti Gede Hendrata Wisnu mengatakan keputusan dilaksanakannya Tawur Agung telah melalu rapat koordinasi bersama PHDI Jawa Tengah, Pembimas Jateng, PHDI Klaten, Kemenag Klaten, dan Panitia Pelaksana Kegiatan Tawur Agung Candi Prambanan.

    "Rapat koordinasi pekan lalu memutuskan tetap dilaksanakan," kaya Hendrata di Klaten, Jumat, 20 Maret 2020.

    Sesuai rencana, Tawur Agung Kesanga akan digelar mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 11.45 WIB. Pelaksanaan Tawur Agung tetap dilaksanakan di tengah wabah virus korona karena merupakan bagian dari ritual tak terpisahkan dari Hari Raya Nyepi.

    "Namun untuk beberapa agenda seperti seremonial, bersih candi, serta yoga massal dan sarasehan ditiadakan karena bukan bagian dari ritual Hari Raya Nyepi," tegasnya. 

    Terkait hal itu, Hendrata meminta kepada umat Hindu maupun khalayak lain yang turut menghadiri kegiatan tersebut tetap mengikuti dan menerapkan peraturan pencegahan penyebaran virus korona.

    "Dan kami mohon untuk pihak yang hadir untuk tidak mengerahkan massa. Kami bersama panitia kegiatan akan melaksanakan prosedur pengamanan pencegahan penyebaran virus korona. Dan kami juga akan menempatkan hand sanitizer di beberapa titik di area kegiatan," imbuhnya.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id