Perampok 6,5 Kg Emas di Sumsel Tewas Didor

    Gonti Hadi Wibowo - 29 Maret 2020 05:52 WIB
    Perampok 6,5 Kg Emas di Sumsel Tewas Didor
    Emas barang bukti perampokan diperlihatkan dalam rilis kasus di Polda Sumsel, Sabtu, 29 Maret 2020. Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo
    Palembang: Unit IV Subdirektorat (Subdit) III Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Polda Sumatra Selatan (Sumsel) menembak mati dua dari delapan perampok toko emas di Kecamatan Sungai Lilin, Musi Banyuasin. Keduanya didor lantaran melawan petugas saat ditangkap.

    Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel, Komisaris Besar (Kombes) Hisar Siallagan mengatakan perampokan berlangsung, Kamis, 26 Maret 2020. Tiga rampok kemudian ditangkap, yakni Muhamad Nasir, 42; M Ali, 50; dan Pendi, 49. Ali dan Pendi tewas dalam baku tembak.

    "(Kedua pelaku) menembakan senjata api rakitan kepada petugas, sedangkan satu pelaku lainnya berhasil diamankan,” kata Hisar,  Sabtu, 28 Maret 2020.

    Menurut dia, saat beraksi di Pasar Sungai Lilin, komplotan ini membawa senjata api rakitan. Delapan pelaku berbagi peran. Empat pelaku masuk ke dalam toko untuk mengambil emas dan mengambil uang tunai, sedangkan empat pelaku lainnya berjaga di luar.

    "Komplotan ini membawa kabur 6,5 kilogram emas dalam bentuk perhiasan dan uang tunai sebesar Rp60 juta," ujar Hisar.

    Dalam penyelidikan, polisi mendapat informasi keberadaan tiga pelaku yang hendak kabur ke Kota Prabumulih. Dalam pengejaran, para rampok dan polisi terlibat baku tembak. 

    Perampok 6,5 Kg Emas di Sumsel Tewas Didor
    Polisi memperlihatkan barang bukti kasus perampokan toko emas di Polda Sumsel, Sabtu, 29 Maret 2020. Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo

    Baca: Perampok Toko Emas di Tamansari Dilumpuhkan

    Polda Sumsel dan Polres Musi Banyuasin masih mengejar lima pelaku lainnya yang identitasnya telah dikantongi petugas. Mereka tak akan dibiarkan bisa menghirup udara bebas.

    "Satu pelaku yang berhasil kita amankan akan dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang tindak pencurian disertai kekerasan,” jelas dia.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id