Imigrasi Solo Usir 8 Warga Negara Asing

    Triawati Prihatsari - 23 Juli 2020 16:18 WIB
    Imigrasi Solo Usir 8 Warga Negara Asing
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Solo: Sebanyak delapan warga negara asing (WNA) dideportasi dari wilayah Solo Raya, Jawa Tengah. Mereka diusir karena terbukti menyalahi izin tinggal.

    "Kami lakukan tindakan pendeportasian sesuai ketentuan," papar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Solo, Said Ismail, Kamis, 23 Juli 2020.

    Delapan WNA tersebut dideportasi selama periode Januari-Juli 2020. Mereka merupakan warga negara Thailand, Malaysia, dan Pantai Gading. 
    Tiga dari delapan WNA dideportasi pada medio Januari-Maret 2020. Sedangkan lima lainnya diserahkan kepada Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Semarang.

    Saat ini Kantor Imigrasi Kelas I TPI Solo, mencatat masih sekitar 1.005 WNA yang tinggal di wilayah Solo Raya. Mereka tersebar di enam kabupaten/kota.

    Baca juga: Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Jatim Diatur Perda

    "Mayoritas dari mereka mengajukan izin tinggal untuk bekerja. Jumlah paling banyak ada di Kabupaten Sukoharjo, 400 lebih WNA. Selain bekerja, ada juga yang mahasiswa," beber Said. 

    WNA yang berada di kawasan Solo Raya di antaranya berasal dari India, Tiongkok, Korea, dan Pakistan. Terkait pengawasan WNA tersebut, Said mengajak perusahaan atau lembaga yang mensponsori mereka untuk saling komunikasi.

    "Kami berharap lembaga atau perusahaan yang membawa mereka berkomunikasi dengan kami. Menginformasikan keberadaan WNA tersebut sehingga kami bisa melakukan pengawasan. Terlebih di suasana pandemi seperti ini, pengawasan harus dilakukan lebih intensif," ungkapnya. 

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id