30 Warga Cirebon dari Bali Jalani Tes Swab

    Ahmad Rofahan - 13 Mei 2020 15:02 WIB
    30 Warga Cirebon dari Bali Jalani Tes Swab
    Pelaksanaan Tes Swab Masal di Kabupaten Cirebon
    Cirebon: Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon menggelar tes swab massal di Posko Covid Center, Kecamatan Sumber, Rabu 13 Mei 2020. Tes swab menyasar warga Cirebon dari perantauan. 

    Sebanyak 30 orang merupakan warga Kabupaten Cirebon yang bekerja di Provinsi Bali. Tes swab menggunakan reaksi rantai polimerase (PCR) atau swab. Para pekerja tersebut terlebih dahulu mengisi riwayat perjalanannya.

    Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana, mengatakan tes swab dilakukan kepada pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) di Bali. Sebelumnya mereka telah menjalani rapid test. 

    "Para pekerja yang terkena PHK di Provinsi Bali yang dua hari lalu kita lakukan rapid test hari ini kita tes swab. Tujuannya untuk melihat apakah dengan swab massal ini akan lebih mendapatkan hasil yang akurat," kata Nanang di Cirebon, Rabu, 13 Mei 2020.

    Hasil test swab akan diumumkan Kamis 14 Mei besok. Sampel tes swab diuji di laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Gunung Jati Cirebon.

    Nanang juga menjelaskan, tes swab massal akan dilaksanakan selama lima hari kedepan. Tes swab menyasar ODP, PDP, OTG, pemudik dan tenaga kesehatan.

    Sementara untuk media pemeriksaan spesimen covid-19 yaitu reagen dan VTM kit. Nanang mengakui masih ada keterbatasan terutama VTM kit. 

    "Untuk peralatan lima hari kedepan masih ada, kedepannya kita sudah minta bantuan VTM kit ke provinsi, kalau provinsi tidak memberikan kita akan buat sendiri yang kerjasama dengan FK UGJ," lanjut Nanang.

    Selain menggelar tes swab massal di Posko Covid Center, Pemkab Cirebon juga akan menggelar tes swab di check point Susukan, check point Beber, Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) serta rumah sakit.



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id