Pemkot Tangsel Kesulitan Sediakan Parkir Truk Besar

    Farhan Dwitama - 21 November 2019 13:22 WIB
    Pemkot Tangsel Kesulitan Sediakan Parkir Truk Besar
    Sejumlah kendaraan truk angkutan barang melaju di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat. (Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah)
    Tangerang: Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Banten, mengaku kesulitan menyediakan kantong parkir untuk kendaraan dengan berat melebihi 20 ton. Penyediaan kantong parkir guna implementasi Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Waktu Operasional Angkutan Barang.

    “Memang kita kesulitan kantong parkir. Karena itu kami berkoordinasi dengan Kabupaten Bogor dan Tangerang untuk bantuan penyediaan lahan parkir," ucap Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie, Kamis, 21 November 2019.

    Menurut Benyamin, truk bertonase besar perlu 'tempat istirahat' selama pemberlakuan Perwal. Di Perbatasan Tangsel-Kabupaten Tangerang misalnya, tidak ada lahan kosong untuk parkir truk berat. 

    "Kalau untuk perbatasan Kabupaten Bogor-Tangsel itu kita minta (kantong parkir) di wilayah Gunung Sindur,” kata dia.

    Benyamin mengatakan selama ini penumpukan kendaraan angkutan barang kerap terjadi di badan jalan. Para pengemudi truk terpaksa memarkir kendaraan tidak pada tempatnya selama pemberlakuan perwal pukul 06.01 WIB sampai 21.59 WIB. 

    “Selama ini memang truk parkir menggunakan badan jalan. Seperti di Jalan Tekno Raya (ruas jalan Kabupaten Bogor dan Tangsel). Mau bagaimana lagi? Lahanya juga tidak ada. Tapi itu kita sortir, agar truk juga tidak terlalu banyak di situ,” kata dia.

    Rancangan Peraturan Wali Kota (Raperwal) Nomor 3 Tahun 2012 yang kini dalam tahap pembahasan, menambahkan 56 ruas jalan yang diberlakukan Pengaturan Waktu Operasional Angkutan Barang di Tangsel. Dari ruas itu, hanya Jalan Graha Raya Bintaro yang tidak masuk dalam perluasan lantaran aset jalannya bukan milik Pemkot alih-alih pengembang Bintaro Jaya, 

    “Biarkan saja, kalau (Bintaro Jaya) tidak berkenan, tidak apa-apa. Nanti di ruas itu juga akan kita pasang rambu-rambu, jadi nanti Kepolisian bisa menindak kalau kendaraan tidak sesuai rambu,” ungkapnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id