Pemkab Jepara Minta PDAM Gratiskan Biaya Pelanggan

    Rhobi Shani - 31 Oktober 2019 18:33 WIB
    Pemkab Jepara Minta PDAM Gratiskan Biaya Pelanggan
    Suplai air bersih untuk warga terdampak musim kemarau di Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.(Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)
    Jepara: Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Jepara, Mulyaji, meminta Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) membebaskan biaya rekening air. Permintaan ditujukan bagi pelanggan PDAM yang tak dapat menikmati air bersih selama musim kemarau.

    "Bisa enggak itu pelanggan tidak bayar. Kan kasihan airnya tidak keluar tapi masih harus bayar," ujar Mulyaji di Jepara, Kamis, 31 Oktober 2019.

    Mulyaji menjelaskan dari 32 desa yang mengalami kerisis air bersih, 11 di antaranya merupakan desa yang menggantungkan kebutuhan air bersih dari aliran air PDAM. Sejak memasuki musim kemarau, pasokan aliran air PDAM tidak lancar. Bahkan di sejumlah desa mati.

    "Untuk masalah air, Pemkab sudah berusaha. Di Dinas Lingkungan Hudup (DLH) itu ada program potong satu pohon tanam tiga pohon. Di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman sudah ada program Pamsimas. Juga ada pembuatan embung," jelas Mulyaji.

    Kendala Pemkab dalam menambah air baku dengan membuat sumur dalam acap mendapat penolakan warga. Baik itu sumur dalam untuk sumber air baku PDAM maupun Pamsimas. Selain penolakan, warga menawarkan tanah untuk pembuatan sumur dengan harga tinggi.

    "Misalnya harga tanah normalnya Rp150 ribu, begitu mau dibeli untuk sumur mintanya menjadi Rp1,5 juta per meter," ungkap Mulyaji.

    Ketua DPRD Kabupaten Jepara, Imam Zusdi Ghozali, mengatakan pihaknya akan mendukung penuh usaha pemerintah dalam melayani masyarakat. Utamanya pemenuhan air bersih pada musim kemarau.

    "Saya akan mendukung penuh dan mengawal kalau memang untuk kepentingan rakyat. Mahal kalau regulasi tidak bermaslah silakan," beber Imam.

    Imam juga meminta PDAM untuk melakukan pembenahan pendistribusian air ke pelanggan. Sehingga, kebutuhan air bersih masyarakat benar-benar terpenuhi.




    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id