Warga Brebes Bikin Sumur di Sungai yang Mengering

    Kuntoro Tayubi - 31 Oktober 2019 11:50 WIB
    Warga Brebes Bikin Sumur di Sungai yang Mengering
    Warga membuat sumur di tengah sungai di Desa Kamal, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Foot: Medcom.id/Kuntoro Tayubi
    Brebes: Kekeringan melanda wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Warga terpaksa menggali sumur di tengah sungai karena sumber air sumur sudah mengering.

    Warga Desa Kamal, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Andri, 42, mengaku membuat sumur di tengah sungai untuk mandi, mencuci dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Warga lainny pun meniru cara Andri. 

    "Sudah enam bulan kekeringan. Sumur di samping rumah sudah tidak keluar air lagi, makanya kita ambilnya di sungai," kata Andri, saat pembuatan sumur, Kamis, 31 Oktober 2019.

    Andri menjelaskan dasar sungai yang kering dipahat menggunakan pancong untuk menciptakan lubang sumur. Sebanyak empat buis beton dimasukan ke dalam lubang, setelah mencapai kedalaman empat meter dan air keluar. 

    Sumur yang sudah jadi memenuhi kebutuhan dua rumah tangga untuk keperluan mandi dan mencuci. Sementara untuk kebutuhan air minum harus membeli Rp18.000 per gallon.

    Wati, 30, mengaku terpaksa mandi dan mencuci di sumur sungai karena air di perkampungan mengering. Sementara untuk kebutuhan air minum harus mencari air bersih yang jauh dari tempat tinggal.

    "Kalau untuk air minum mencari air bersih, jaraknya tiga kilometer dari kampung," imbuhnya. 

    Kekeringan juga melanda Sungai Pemali, yang menjadi ikon Kota Brebes. Sungai yang mengering itu dimanfaatkan warga berbagai desa di sekitar sungai dengan membuat sumur kecil di tengah sungai.

    Seorang warga Desa Kebogadung, Kecamatan Larangan, Sunaryo, 35, mengatakan Sungai Pemali telah mengering  dua bulan ini. Padahal tahun sebelumnya, Sungai Pemali tidak pernah kering meski kemarau. 

    "Selama dua bulan ini, kami memanfaatkan dasar sungai yang sudah tidak ada airnya untuk membuat sumur. Karena sudah tidak ada air lagi," katanya saat ditemui di lokasi sumur.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id