Parkir dan Wisata Jadi Bahasan Kader NasDem DIY

    Media Indonesia - 20 September 2019 11:51 WIB
    Parkir dan Wisata Jadi Bahasan Kader NasDem DIY
    Kader DPW Partai NasDem Yogyakarta dibekali pelatihan jurnalistik
    Yogyakarta: Kader DPW Partai NasDem Yogyakarta dibekali pelatihan jurnalistik selama tiga hari, Rabu-Jumat, 18-20 September 2019. Masalah perparkiran, wisata hingga perekonomian rakyat menjadi tema pembahasan.

    "Kami melihat tema ini sangat menarik karena langsung menyentuh masalah kerakyatan," ujar kader DPW NasDem Yogyakarta Esthi Nugraheni di sela-sela latihan peliputan di Yogyakarta, Jumat, 20 September 2019. 

    Antusiasme Esthi juga menjangkiti kader NasDem yang mengangkat tema berbeda. Kelompok Desta misalnya, Mereka lebih menyoroti masalah wisata.

    "Seperti keberadaan becak dan andong yang tak lagi banyak seperti dulu. Kami ingin mendengar secara langsung dari pelaku usaha terkait kendala-kendala yang ada," ujar Desta.

    Pada hari kedua pelatihan jurnalistik angkatan I Partai NasDem ini, puluhan peserta harus terjun langsung ke lapangan untuk wawancara, mengambil foto, membuat jurnalisme video, hingga mengatur perwajahan di media.

    Setelah beraktivitas layaknya jurnalis, para peserta diharuskan membuat berita berdasarkan fakta-fakta yang didapat. Kemudian hasil-hasilnya akan dievaluasi agar mereka bisa memahami bagaimana seharusnya produksi sebuah berita yang layak tayang. 

    Partai NasDem akan mengandalkan semangat jurnalistik untuk menjalankan kiprahnya di tanah air. Dalam rangka itu, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar pelatihan jurnalistik di Hotel Bouetiq Jalan Prof. Yohanes Nomor 3 Sagan, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Kamis, 19 September 2019.

    Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem Wilayah DIY, Tommy Nursamsu mengatakan materi pengetahuan jurnalistik ini menjadi bahan yang penting untuk para kader. 

    "Ini sekaligus meningkatkan kemampuan kader untuk melek teknologi, dan tentunya bidang jurnalistik," kata Tommy di lokasi.

    Tommy menjelaskan sejumlah materi yang diberikan dalam pelatihan itu yakni soal nilai berita, etika dalam memberitakan atau menyebarkan informasi kepada publik agar tidak ikut terlibat di dalam perkembangan hoaks. 

    Sekitar 40 kader dan pengurus partai NasDem mengikuti pelatihan yang digelar 19-21 September 2019. Pelatihan tersebut diisi Briyan Bodo Hendro (Redaktur Artistik Media Indonesia), Eko Suprihatno (Redaktur Media Indonesia), dan Wandi Yusuf (Redaktur Pelaksana Medcom.id). 




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id