Angka Kemiskinan dan Kesenjangan Sosial Turun

    Muhammad Syawaluddin - 16 Juli 2019 18:32 WIB
    Angka Kemiskinan dan Kesenjangan Sosial Turun
    Menteri Sosial Agus Gumiwang, saat berkunjung ke Sulawesi Selatan, Selasa 16 Juli 2019. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin
    Makassar: Menteri Sosial Agus Gumiwang mengatakan angka kemiskinan Indonesia di 2019 menjadi 9,41 persen. Turun 0,25 poin dari tahun sebelumnya.

    "Dari data BPS mengatakan kemiskinan pada Maret 2019 turun 9.41, di mana pada 2018 itu sebesar 9,66," katanya, saat berkunjung ke Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa 16 Juli 2019.
     
    Hal yang sama juga terjadi pada gini rasio atau kesenjangan sosial. Kesenjangan sosial mencapai 0.384 persen pada September 2018. Sementara saat ini gini rasio berada di angka 0.32 persen.

    "Ini berita yang sangat baik artinya program pemerintah terhadap pembangunan kesejahteraan sosial dan perbaikan kesenjangan sosial cukup berhasil," katanya.

    Kementerian Sosial terus berupaya menurunkan angka kemiskinan yang ada di Indonesia. Dia menilai seluruh pihak harus memiliki pola pikir kemiskinan harus diperangi bersama.

    "Kita bukan mengurangi tapi memerangi kemiskinan saya kira harus perangi kimiskinan ini dalam rangka memperbaiki kesenjagangan," jelasnya.

    Angka kemiskinan dan kesenjangan sosial di Sulawesi Selatan juga disebutnya turun. Hal itu terlihat dari data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan secara menyeluruh.

    Penurunan angka kemiskinan terjadi di desa maupun perkotaan. Secara umum tingkat kemiskinan mengalami penurunan 8,69 persen pada Maret 2019. Sebanyak 24,83 ribu jiwa lepas dari jeratan kemiskinan.

    Namun, dia mengakui penduduk miskin di daerah perkotaan naik 2,17 ribu jiwa. Menurunnya angka kemiskinan di desa juga terkait dengan jumlah penduduk miskin Sulsel di pedesaan tiga kali lebih dari penduduku perkotaan, yakni 597,69 ribu jiwa berbanding 170,10 ribu jiwa di kota.

     



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id