Tulungagung Percepat Vaksinasi Covid-19 Khusus Lansia

    Antara - 15 Oktober 2021 23:31 WIB
    Tulungagung Percepat Vaksinasi Covid-19 Khusus Lansia
    Bupati Tulungagung Maryoto Birowo dan Komandan Kodim 0807/Tulungagung Letkol Inf Yoki Malinton Kurniafari melihat pelaksanaan vaksinasi bagi siswa. Dokumentasi/ ANTARA



    Tulungagung: Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, melakukan percepatan vaksinasi covid-19 kelompok lanjut usia (lansia). Hal tersebut dilakukan agar semakin banyak kelompok rentan memiliki kekebalan tubuh sekaligus dalam rangka penurunan status PPKM dari level 3 ke level 2.

    "Untuk itu kami akan membantu pemerintah daerah dengan menggelar serbuan (vaksin) khusus untuk kelompok usia lanjut," kata Komandan Kodim 0807/Tulungagung, Letkol Inf Yoki Malinton Kurniafari, di Tulungagung, Jumat, 15 Oktober 2021.

     



    Baca: Susur Sungai yang Tewaskan 11 Pelajar Diduga Minim Persiapan

    Dia menjelaskan pelaksanaan dijadwalkan pada 18-23 Oktober 2021. Kelompok lansia menjadi atensi karena selama ini menjadi kendala penurunan status PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Tulungagung dari level 3 ke level 2.

    Capaian vaksinasi lansia sejauh ini di kisaran 28,24% dari total sasaran kelompok lansia 133.574 orang. Padahal untuk bisa turun status PPKM dari level 3 ke level 2 dipersyaratkan vaksinasi lansia minimal mencapai 40%, sedangkan untuk kelompok remaja usia 12-18 tahun minimal tercapai 50% dari sasaran yang ditargetkan.

    "Saat ini per 15 Oktober 2021, capaian vaksin bagi masyarakat umum sudah mencapai 51,66 persen, sedang lansia baru 28,24 persen. Kalau kelompok remaja dan anak sekolah usia 12-18 tahun sudah melebihi ambang batas minimal yang ditetapkan," jelasnya.

    Malinton saat ini gencar melakukan pemetaan dan pendataan oleh masing-masing kecamatan. Pemetaan yang dilakukan kecamatan bakal dirapatkan untuk mencari solusi terbaik terkait dengan vaksinasi lansia.

    Meski demikian pihaknya sudah mempunyai beberapa rencana, salah satunya mendatangi rumah lansia dari pintu ke pintu atau mengumpulkan mereka dalam tiap RT.

    "Kami akan maju ke RT, namun akan kami lihat kendala dari masing-masing desa," ujarnya.

     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id