Pemilih Antusias Ikuti PSU Pilkada Kalsel 2020

    Antara - 09 Juni 2021 10:12 WIB
    Pemilih Antusias Ikuti PSU Pilkada Kalsel 2020
    Pemilih datang di TPS 16 Kelayan Selatan, Banjarmasin Selatan untuk ikuti PSU Pilgub Kalsel tahun 2020, Rabu, 9 Juni 2021. Antaranews Kalsel/ Sukarli



    Banjarmasin: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin menyebut pemilih antusias mengikuti Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalimantan Selatan 2020. PSU dilakukan pascaputusan Mahkamah Konsitusi (MK).

    "Pantauan kami, ke TPS-TPS cukup antusias pemilih datang untuk mencoblos," kata anggota KPU Kota Banjarmasin, Syafruddin Akbar, di Banjarmasin, Rabu, 9 Juni 2021.

     



    Baca: Banda Aceh Berstatus Zona Merah

    Dia menjelaskan telah memantau wilayah Kelurahan Mantuil, Banjarmasin Selatan, di mana jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 29 TPS.

    "Rata-rata yang kami dapat laporan sejak pagi tadi antusias pemilih datang ke TPS cukup tinggi, moga berlanjut demikian hingga siang," jelasnya.

    Sebagaimana dinyatakan Ketua KPU Kota Banjarmasin Rahmiyati Wahdah sebelumnya, target pemilihan PSU Pilgub Kalsel di Kecamatan Banjarmasin Selatan sebesar 79 persen.

    Jumlah TPS yang gelar PSU Pilgub Kalsel di Kota Banjarmasin, yakni di Banjarmasin Selatan sebanyak 301 TPS yang tersebar di 12 kelurahan. Adapun jumlah pemilih sebanyak 107.782 jiwa sesuai daftar pemilih tetap (DPT).

    Sementara dari pantauan di TPS 16 Kelurahan Kelayan Selatan, Banjarmasin Selatan dinyatakan hingga pukul 09.30 WITA sudah mencapai sekitar 200 pemilih datang menggunakan hak suaranya dari DPT di TPS itu sebanyak 495 jiwa.

    Sebagaimana diketahui Pilkada Kalsel tahun 2020 sesuai putusan Mahkamah Konsitusi (MK) harus digelar PSU di tujuh kecamatan, yakni, lima kecamatan di Kabupaten, Astambul, Matraman, Martapura, Aluh-Aluh dan Sambungan Makmur.

    Kemudian pada 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, dan seluruh TPS di Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin. Di mana total TPS yang akan digelar pada 827 titik, dengan jumlah pemilih sesuai daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 266.736 jiwa.

    Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Kalsel 2020 adalah Paslon nomor urut 1, H Sahbirin Noor dan H Muhidin, Paslon nomor urut 2, Prof H Denny Indrayana dan H Difriadi Derajat.

     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id