Puluhan Warga di 2 Kelurahan di Kota Tangerang Positif Covid-19

    Farhan Mudier - 08 Juni 2021 17:11 WIB
    Puluhan Warga di 2 Kelurahan di Kota Tangerang Positif Covid-19
    Ilustrasi / Medcom.id



    Tangerang: Zona merah penyebaran covid-19 di Kota Tangerang, Banten, kembali bertambah. Ada dua kelurahan dengan masing-masing dua RT yang memiliki puluhan warga positif covid-19.

    Tim Satgas Covid-19 Kota Tangerang mendapati 30 warga di RW 03 Kelurahan Gerendeng, Kecamatan Karawaci, positif covid-19. Kemudian, ada  47 warga RW 03 Kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung, juga terkonfirmasi covid-19. 

     



    "Kondisi hari ini per kemarin sore yang positif 30 orang terdiri dari dua RT. Jadi, paling banyak di RT 3 ada 29 orang," ungkap Lurah Gerendeng, Nasron A Mufti, dikonfirmasi, Selasa 8 Juni 2021. 

    Ke-30 warga tersebut diduga terpapar dari lingkungan keluarga pascalibur lebaran. Sebanyak 16 di antaranya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Sementara, sisanya melakukan isolasi di rumah isolasi terkonsentrasi. 

    Sementara itu, sebanyak 47 warga RW 03 Kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung, juga terkonfirmasi covid-19. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi, menjelaskan bahwa penularan covid-19 di wilayah tersebut bermula dari ketidakjujuran pasien ketika terkonfirmasi covid-19. 

    "Mulanya ada satu orang warga RT 01 yang sakit dan berobat ke puskesmas. Setelah dirapid ternyata dia reaktif covid-19, tapi dia tidak melaporkan dan puskesmas tidak melaporkan. Akhirnya dia pulang," papar Liza. 

    Dari situ, beberapa hari kemudian, seorang warga melaporkan ada warga lain yang sakit dengan gejala covid-19. Sementara, empat anggota keluarga dari pasien pertama tersebut terkonfirmasi covid-19 setelah tes swab antigen. 

    Baca: Warga Tajurhalang Bogor Dapat Vaksin Covid-19

    "Dari situ kami melakukan swab massal untuk RT 01 dan didapati ada 23 yang reaktif covid-19. Kemudian petugas mendapat laporan ada keluarga dari pasien covid-19 di sana yang punya keluarga di RT 03 RW 03," jelas Liza. 

    Maka, atas kondisi tersebut pihaknya langsung melaksanakan swab massal di RT 03 di hari berikutnya pada Sabtu, 4 Juni 2021. "Dari 147-an spesimen, ada 10 di RT 03 yang didapatkan reaktif covid-19, jadi total saat itu ada 33 dari dua RT," papar dia. 

    Kemudian dari hasil tracing yang masif di wilayah tersebut, total ada 47 warga RW 03 yang reaktif covid-19 per 8 Juni 2021. "Kalau hasil antigen itu kan 92-95 persen keakuratannya ya makanya kita yang penting lockdown dulu saja biar aman sekalian tunggu hasil PCR-nya," tutur dia. 

    (SYN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id