Kota Malang Terima 100 Ribu Dosis Vaksin AstraZeneca

    Daviq Umar Al Faruq - 20 Mei 2021 14:21 WIB
    Kota Malang Terima 100 Ribu Dosis Vaksin AstraZeneca
    Ilustrasi / Medcom.id



    Malang: Pemerintah Kota (Pemkot) Malang telah menerima jatah vaksin AstraZeneca sebanyak 100 ribu dosis. Vaksin tersebut telah diberikan kepada masyarakat sejak Senin, 17 Mei 2021.

    "Vaksin AstraZeneca sudah berlanjut mulai Senin kemarin. Kalau yang datang 100 ribu dosis," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Husnul Muarif, Kamis, 20 Mei 2021.

     



    Husnul menjelaskan, 100 ribu dosis vaksin AstraZeneca tersebut telah disebarkan ke 76 fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di Kota Malang. Sasaran utama vaksinasi kali ini untuk masyarakat kelompok lanjut usia (lansia) dan guru.

    "Untuk sasarannya, lansia dan layanan publik, yang diutamakan sesuai video conference dengan Gubernur, yakni guru PAUD sampai SMA," jelasnya.

    Husnul meminta agar masyarakat Kota Malang tidak khawatir dengan kasus penghentian sementara vaksin AstraZeneca di Jakarta. Sebab, vaksin AstraZeneca ini sama dengan vaksin Sinovac sebelumnya.

    "Masyarakat tidak usah khawatir, karena vaksin ini sama dengan vaksin sebelumnya. Cuma kan produsennya berbeda," ujarnya.

    Baca: DKI Gunakan 15.400 Dosis Vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547

    Kementerian kesehatan menghentikan sementara distribusi dan penggunaan vaksin AstraZeneca batch CTMAV547. Badan POM sedang menginvestigasi kejadian ikutan pasca imunisasi atau KIPI sebagai bentuk upaya kehati-hatian pemerintah untuk memastikan keamanan vaksin AstraZeneca.

    Kemenkes memastikan tidak semua batch vaksin AstraZeneca dihentikan distribusi dan penggunaannya. Hanya batch CTMAV547 yang dihentikan sementara sambil menunggu hasil investigasi dan pengujian dari BPOM yang memerlukan waktu satu hingga dua minggu.

    Batch yang ditunda ini merupakan bagian dari 3 juta 852 ribu dosis AstraZeneca yang diterima Indonesia pada tanggal 26 April 2021 lalu. Batch ini sudah didistribusikan untuk TNI dan sebagian ke DKI Jakarta serta Sulawesi Utara.

    (SYN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id