comscore

Sindikat Pencuri Rokok Lintas Provinsi Ditangkap Polres Bantul

Ahmad Mustaqim - 21 Juni 2022 17:18 WIB
Sindikat Pencuri Rokok Lintas Provinsi Ditangkap Polres Bantul
Tiga terduga pelaku pencurian memakai pakaian tahanan warga biru. Medcom.id/ Ahmad Mustaqim
Bantul: Kepolisian di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menangkap tiga pelaku pencurian rokok yang beroperasi lintas provinsi. Mereka beroperasi dari pasar ke pasar.

"Tiga (terduga) pelaku ini adalah AM dan VS, warga Bekasi yang ditangkap saat menuju Jakarta, serta KM, warga Indramayu ditangkap di rumahnya," kata Kapolres Bantul, AKBP Ikhsan, Selasa, 21 Juni 2022.
Baca: Industri Hasil Tembakau Dinilai Perlu Kebijakan Terintegrasi

Ikhsan mengatakan ketiganya melakukan akses pertamanya di sebuah toko grosir pada 7 Februari 2022. Aksi pertama itu tidak bisa terendus dan kembali menyasar toko lain.

Mereka kemudian membobol sejumlah toko pada Senin, 13 Juni 2022. Dari aksinya pelaku menggondol puluhan kardus berisi rokok.

"Pada aksinya ini para pelaku mencuri 21 kardus dan 9 bal rokok berbagai merek dengan kerugian yang ditinggalkan hingga Rp300 juta," jelasnya.

Ia menyebut para pelaku sudah mengintai dan memetakan situasi lokasi yang akan jadi target operasi. Dari hasil pengintaian para pelaku, keamanan lengang pada jam 22.30-03.00 WIB karena petugas jaga pulang.

Setelah sempat alami kesulitan, polisi akhirnya bisa mencokok pelaku. Polisi memanfaatkan kamera pengawas atau CCTV untuk memburu pelaku.

Salah seorang terduga pelaku, VS mengaku berperan sebagai penjual barang hasil curian. Ia mengatakan menjual satu slot rokok merek terkenal dengan harga Rp25 ribu. Harga ini jauh lebih murah dibanding harga resmi.

"Untuk rokok-rokok lain dijual separuh lebih sedikit dari harga resminya. Rokok kami sasar karena lebih simpel dan mudah dijual," ungkapnya.

Polisi menyita 300 bungkus rokok sebagai barang bukti. Polisi menjerat ketiganya dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan ancaman maksimal tujuh tahun penjara.

 

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id