comscore

Aktifkan Lagi CFD, Gibran Bakal Sterilkan Jalur Lambat dari PKL

Triawati Prihatsari - 12 Mei 2022 17:32 WIB
Aktifkan Lagi CFD, Gibran Bakal Sterilkan Jalur Lambat dari PKL
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Medcom.id/ Triawati Prihatsari
Solo: Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, berencana mengaktifkan kembali gelaran car free day (CFD) setelah sempat vakum dua tahun karena pandemi covid-19.

Namun pada CFD yang akan dibuka pada Minggu, 15 Mei 2022 tersebut akan disterilkan dari para pedagang kaki lima (PKL) di jalur lambat (citywalk).
"Citywalk kan untuk pejalaan kaki. Dan harus diingat lagi ya, CFD itu tujuannya untuk mengurangi polusi udara dan olahraga. Bukan untuk membebaskan PKL," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Kamis, 12 Mei 2022.

Baca: Waspada Hepatitis Akut, Gibran Siapkan Tempat Isolasi

Kendati demikian, dia berjanji akan mengakomodir kepentingan para PKL yang sebelumnya bebas menjajakan dagangannya di area CFD. Dia mengaku masih mematangkan konsep zonasi PKL untuk memberikan kesempatan bagi para PKL tetap bisa berjualan.

Rencananya dia akan menyediakan sejumlah titik untuk digunakaan PKL berjualan. Titik-titik tersebut diantaranyaa di halaman Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung dan halaman sejumlah perbankan.

"CFD untuk mengurangi polusi dan untuk olahraga, tapi saya taulah, yang berolahraga hanya 10 persen, lainnya cuci mata dan cari sarapan. Tenang saja nanti diakomodir, izinnya masih diurus dinas terkait," jelasnya.

Di sisi lain, menampung seluruh PKL yang beroperasi di CFD sebelumnya tidak mudah. Pasalnya, ada lebih dari 2000 PKL yang tercatat menjajakan dagangannya selaama CFD.

"Target teknis persiapan secepatnya diselesaikan. Pokoknya kita buka pintu pemulihan ekonomi selebar-lebarnya. Ditunggu dulu hasil teknisnya ya," ungkapnya.

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id