comscore

Banyak Event Internasional, Gibran Harap Penerbangan Luar Negeri di Bandara Solo Dibuka Lagi

Triawati Prihatsari - 05 Juli 2022 18:07 WIB
Banyak <i>Event</i> Internasional, Gibran Harap Penerbangan Luar Negeri di Bandara Solo Dibuka Lagi
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Medcom.id/ Triawati
Solo: Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta slot penerbangan langsung ke luar negeri dari Bandara Adi Soemarmo Solo yang berada di Boyolali, kembali diadakan. Keinginan tersebut diutarakannya pada Menparekraf Sandiaga Uno secara langsung mengingat makin banyaknya event tingkat internasional yang diselenggarakan di Kota Solo akhir-akhir ini.

"Minimal Singapura dan Kuala Lumpur, bisa dihidupkan lagi. Dulu kan pernah. Kita gembar-gembor (pariwisata) tapi enggak ada direct flight ya percuma. Saya dari zaman SD, SMP bolak-balik Singapura dari Solo, sekarang malah nggak ada," urainya, di Solo, Jawa Tengah, Selasa, 5 Juli 2022. 
Banyaknya event-event tingkat internasional yang diadakan di Kota Solo akhir-akhir ini menjadi salah satu pertimbangan Gibran mengajukan permintaan tersebut. Dia berharap hal itu dapat terealisasi dalam waktu dekat.

Baca: Gibran Izinkan Salat Iduladha di Lapangan Terbuka

Seperti diketahui, salah satu event internasional yang diadakan di Solo dalam waktu dekat yaitu ASEAN Para Games yang mulai dilaksanakan akhir Juli ini. Selain itu, beberapa event internasional lain yang diselenggarakan di Solo yaitu agenda G20, serta konser dunia Grup metal Dream Theater.

"Nanti (penerbangan luar negeri) tidak hanya untuk ASEAN Para Games saja. Meski yang terdekat evennya itu, tapi juga untuk wisata ke depannya. Saya sudah sampaikan langsung ke Pak Menteri Pariwisata dan Menteri BUMN. Garuda Indonesia juga sudah saya mintain tolong. Kalau nggak bisa direct flight ya dari Jakarta dulu. Sudah saya siapkan, tempatnya juga," ungkapnya.

Sementara itu, Dewan Penasehat ASITA Jawa Tengah, Daryono, mendukung rencana penerbangan langsung tersebut. Dia menyebutkan, selain mendongkrak sektor wisata, penerbangan ke luar negeri juga akan mendongkrak aktivitas ekonomi masyarakat.

"Tidak hanya Solo dan sekitarnya, tapi juga wilayah lain seperti Pacitan, Magetan. Jadi ini usaha bersama, bukan hanya untuk Solo," tegasnya. 

(ALB)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id