Purworejo Masuk Wilayah Risiko Rawan Bencana di Jateng

    Bagus Aryo Wicaksono - 22 Oktober 2020 20:06 WIB
    Purworejo Masuk Wilayah Risiko Rawan Bencana di Jateng
    ilustrasi Medcom.id
    Purworejo: Kabupaten Purworejo menempati urutan kedua wilayah rawan bencana di Jawa Tengah. Sementara Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI) BNPB menempatkan Purworejo dalam urutan ke-18 dari 496 Kabupaten/Kota dengan skor 215 dan masuk wilayah kategori risiko tinggi.

    "Wilayah Purworejo memiliki karakteristik bencana yang unik, dimana setiap terjadi banjir pasti juga terjadi tanah longsor. Untuk menanggulangi bahaya ancaman bencana itu diperlukan adanya perubahan perilaku menuju budaya aman bencana," kata Dandim 0708 Purworejo, Letkol Inf Lukman Hakim, saat memimpin apel kesiapsiagaan bencana, Kamis, 22 Oktober 2020.

    Baca: Jelang Libur Panjang, Masuk Bandar Lampung Wajib Rapid Test

    Lukman mengatakan sosialisasi, gladi lapangan, serta keterpaduan antara pemerintah dan masyarakat sangat diperlukan untuk menurunkan risiko bencana. Keterpaduan dari pemerintah dan masyarakat diharapkan mewujudkan penanganan bencana yang cepat, tepat, efektif, dan efisien.

    "Kesiapsiagaan bencana merupakan langkah preventif dalam mengantisipasi penaggulangan bencana alam. Apalagi Purworejo merupakan daerah dengan berbagai karakteristik geografisnya menjadi multi ancaman terjadinya bencana alam," jelas Lukman.

    Selain itu masyarakat juga diminta memiliki wawasan luas dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Jika kesadaran bisa tertanam maka diyakini akan mudah mengatasi permasalahan lingkungan.

    "Tindakan untuk menjaga lingkungan bisa dimulai dari kebiasaan sederhana, seperti tidak membuang sampah secara sembarangan. Hal ini harus mulai ditanamkan kepada anak-anak kita sejak dini," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id