Harapan Kebangkitan Ekonomi DIY dari Sektor Pariwisata

    Ahmad Mustaqim - 03 Desember 2020 16:07 WIB
    Harapan Kebangkitan Ekonomi DIY dari Sektor Pariwisata
    Sekretaris Daerah Pemerintah DIY, Kadarmanta Baskara Aji (kedua kiri) dan Kepala Perwakilan BI DIY, Hilman Tisnawan (kedua kanan). Medcom.id/ahmad mustaqim
    Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menumpu harapan membangkitkan ekonomi dari sektor pariwisata pada 2021. Meski masih didera pendemi covid-19, wisata dianggap masih menjadi penggerak perekonomian yang belum juga pulih. 

    "Wisata jadi lengah, tentu akan menjadi preseden buruk bagi (pertumbuhan) ekonomi," kata Sekretaris Daerah Pemerintah DIY, Kadarmanta Baskara Aji usai Rapat Tahunan Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY di Hotel Ambarukmo Yogyakarta, Kamis, 3 Desember 2020. 

    Kadarmanta menyatakan, berbagai pihak menjadi pelaku penring dalam memacu pertumbuhan ekonomi. Beberapa di antaranya, pelaku wisata, kuliner, dan agen perjalanan. Meski demikian, protokol kesehatan harus dijalankan dalam segala aktivitas ekonomi. 

    Ia merasa optimistis perekonomian akan bisa terus tumbuh. Catatan statistik angka konsumsi BI menunjukkan konsumsi masyarakat kian meningkat. 

    "Kita sudah tak mungkin menutup aktivitas yang kemungkinan menjadi titik transmisi covid-19. Namun, dari semua yang kita khawatirkan, sepanjang menerapkan prokes tak ada alasan menutup diri dalam rangka menumbuhkan optimisme pertumbuhan ekonomi," ujarnya. 

    Baca: Bima Arya Dicecar 14 Pertanyaan soal Rizieq Shihab

    Kepala Perwakilan BI DIY, Hilman Tisnawan mengatakan, optimisme kenaikan ekonomi didasarkan dari nasional dan global. Ia mengatakan sejumlah lembaga ekonomi dunia memprediksi pemilihan ekonomi bisa lebih cepat dari perkiraan.

    "Dulu agak pesimistis. BI memperkirakan perekonomian Indonesia bisa tumbuh sampai 5 persen pada tahun depan. Dunia bisa tumbuh lebih tinggi," katanya. 

    Hilman menyatakan, pertumbuhan ekonomi juga akan dipengaruhi dari restrukturisasi pemerintah, pertumbuhan fiskal, hingga realisasi belanja APBN dan APBD. Selain itu, rencana uji coba vaksi pada awal tahun depan juga menjadi pendorong. 

    Khusus DIY, katanya, pertumbuhan ekonomi akan dipengaruhi akselerasi berbagai program pemerintah, baik pusat maupun daerah. Menurut dia, realisasi program akan bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi. 

    "Lalu, dari data saat ini, wisata dan hunian mulai bergerak. Triwulan ketiga tahun ini tumbuh menakjubkan dan lebih bagus," kata dia. 


    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id