Wow! Cerutu Jember Makin Mendunia, Sebungkus Rp4 Juta

    Clicks.id - 17 Februari 2021 14:01 WIB
    Wow! Cerutu Jember Makin Mendunia, Sebungkus Rp4 Juta
    Sejumlah anggota Komisi IV DPR RI melihat cerutu produk dari Jember, Jawa Timur. (metrotv)



    Jember: Cerutu memang identik dengan negara Kuba. Namun cerutu buatan Indonesia juga tak kalah enaknya. Terbukti, "rokok jombo" produk dari Jember, Jawa Timur semakin diminati dunia.

    Cerutu produksi Jember ini dipamerkan di Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya di Jalan Raya Juanda Kabupaten Sidoarjo, Selasa, 16 Februari 2021. Sejumlah wakil rakyat kemudian membeli dan ada pula yang sekadar mencoba.




    Produsen Cerutu, Imam Wahid Wahyudi mengatakan jika Jember yang diproduksi di Jember ini semakin diminitasi di pasar internasional. Bahkan, ekspor ditargetkan naik 50 persen menjadi 30 ribu batang meski di tengah pandemi.

    "Bahan bakunya kami tanam sendiri. Pasar terbesar masih China. Kemudian disusul Hongkong, Australia, Yunani, Kostarika, Amerika Serikat hingga Afrika Selatan," ujar Imam.  

    Cerutu Jember ini juga dijual di tanah air. Tersebar di seluruh provinsi. Sasaran penjualan cerutu ini di hotel-hotel atau di tempat-tempat tongkrongan masyarakat papan atas. Seperti produk-produk lainnya, cerutu ini juga bisa didapatkan secara online," ucapnya.

    Wajar jika cerutu ini lebih untuk masyarakat berkantong tebal. Sebab, bandrolnya dijual dengan harga cukup mahal dan bervariatif, tergantung citarasa dan ukuran. Harga termurah Rp 100 ribu hingga Rp 4 juta per bungkus.


    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id